Pemkab Barito Utara Lelang 5 Jabatan Tinggi Pratama

id sekda barut, Jainal Abidin, Pemkab Barito Utara Lelang 5 Jabatan Tinggi Pratama

Pemkab Barito Utara Lelang 5 Jabatan Tinggi Pratama

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan seleksi terbuka untuk mengisi lima jabatan tinggi pratama eselon II b di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

"Saat ini pendaftaran lelang jabatan telah dibuka atau penerimaan berkas sejak 19 Mei sampai 15 Juni 2017, dan setiap jabatan minimal jumlah pelamarnya empat orang," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin di Muara Teweh, Senin.

Menurut Jainal, lima jabatan yang dilelang itu antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Saat ini, kata dia, lima jabatan tersebut status pejabatnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) dan kalau pejabat tersebut berminat di harapkan ikut lelang jabatan tersebut.

"Seandainya mereka tidak ikut, maka peluang untuk diganti atau tidak mendapat jabatan bisa mungkin terjadi," katanya.

Jainal menjelaskan, seleksi terbuka ini sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Disamping itu surat rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1362/KASN/5/2017 tanggal 8 Mei 2017 terkait rekomendasi pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama pemerintah Kabupaten Barito Utara.

"Dengan ini kami mengundang para pegawai negeri sipil di lingkungan satuan organisasi perangkat daerah Kabupaten Barito Utara yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka dengan ketentuan yang telah diberlakukan," jelas dia.

Dia mengatakan bagi PNS yang berminat mengikuti lelang jabatan ini bisa menyerahkan langsung berkas ke Sekretariat Panitia Seleksi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Barito Utara setiap hari kerja.

Tahapan seleksi ini antara lain pengumuman hasil seleksi administrasi di jadwalkan pada 21 Juni 2017, uji penulisan dan presentasi makalah 3-5 Juli, pengumuman hasil uji makalah 7 Juli kemudian uji kompetensi dan rekam jejak melalui assessment center 10-12 Juli dan pengumuman hasil assesment 20 Juli 2017, selanjutnya wawancara akhir pada 25-26 Juli dan pengumuman akhir 31 Juli 2017.

"Penyampaian hasil seleksi terbuka kepad Bupati Barito Utara selaku pejabat pembinan kepegawaian (PPK) Kabupaten Barito Utara pada 2 Agustus 2017," ujar Jainal Abidin.