Bupati Kobar Siap Jalankan Intruksi Gubernur Kalteng

id bupati kobar, Nurhidayah, Bupati Kobar Siap Jalankan Intruksi Gubernur Kalteng

Bupati Kobar Siap Jalankan Intruksi Gubernur Kalteng

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melantik Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Barat dan Barito Selatan periode 2017-2022, di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Senin (22/5/17). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Barat periode 2017-2022 Nurhidayah yang baru dilantik menyatakan siap melaksanakan intruksi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dalam upaya memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami pun siap mengganti dengan Plt para kepala OPD yang tidak bersemangat kerja dalam menjalankan visi-misi pembanguna daerah yang disinergikan kebijakan Pemprov", kata Bupati Nurhidayah usai dilantik jadi Bupati Kobar, di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Senin.

"Gubernur sudah menyampaikan secara tegas bahwa berbagai intruksi tersebut bukan untuk kepentingan siapapun, melainkan bagi masyarakat Kalteng secara keseluruhan. Jadi, kita akan selalu mendukung dan siap melaksanakannya," tambah dia.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kobar ini menyebut pihaknya setelah dilantik menjadi Bupati/Wakil Bupati, akan langsung mengadakan rapat dengan forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) untuk mengetahui kondisi maupun permasalahan terkini serta solusi menyelesaikan.

Dia mengatakan dalam rapat koordinasi tersebut juga nantinya akan membahas berbagai strategi agar harga bahan pokok menjelang bulan suci ramadhan dapat terkendali. Sebab, kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok dipastikan akan mengalami peningkatan dibanding hari biasa.

"Kita ingin dalam waktu dekat ini ada diselenggarakan operasi pasar di Kobar agar harga terkendali. Ini yang menjadi prioritas kita setelah di lantik, sembari melihat berbagai permasalahan lainnya," kata Nurhidayah.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Intruksikan 4 Sektor Prioritas Bagi Bupati Kobar-Barsel Terpilih)

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingin Wakil Gubernur Ismail melantik Nurhidayah-Ahmadi Riansyah sebagai Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Barat, dan Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir sebagai Bupati/Wakil Bupati Barito Selatan.

Sugianto mengintruksikan agar Kedua Bupati/Waki Bupati yang dilantik ini agar sebagian besar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) harus diprioritaskan pada empat sektor yang terdiri dari Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian.

"Wilayah Kalimantan Tengah ini nomor dua provinsi terluas di Indonesia, kaya akan sumber daya alam (SDA), baik di dalam tanah maupun lautnya. Kekayaan ini bisa dioptimalkan apabila didukung infrastruktur yang baik," kata Sugianto.