Gubernur Kalteng Minta Semua Elemen Jaga Keharmonisan

id Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, Gubernur Kalteng Minta Semua Elemen Jaga Keharmonisan

Gubernur Kalteng Minta Semua Elemen Jaga Keharmonisan

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta semua elemen di provinsi itu menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat antarsuku, dan antaragama si daerah tersebut.

"Keharmonisan antarsuku, agama di Kalimantan Tengah ini harus tetap terjaga dengan baik," katanya usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan dan Bupati Kotawaringin Barat di Palangka Raya, Senin.

Dia bersama Wakil Gubernur telah berkomitmen menjaga keharmonisan hubungan antarsuku, adat, ras dan agama di Kalteng ini selalu berjalan baik.

Ia mengharapkan jajaran kepolisian Polda Kalimantan Tengah memproses secara hukum bagi siapapun yang menghina agama, meskipun yang bersangkutan telah meminta maaf.

"Karena semua pihak tidak menginginkan Kalimantan Tengah tercabik-cabik lantaran adanya oknum yang menghina agama, sebab Kalteng memiliki falsafah Huma Betang," ucap Gubernur Sugianto Sabran.

Falsafah huma betang itu bermakna bahwa Kalteng merupakan rumah bagi semua suku dan agama, akan tetapi tetap memegang teguh dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

"Hilangkan semua perbedaan, dan yang terpenting bagaimana semua elemen bersatu membangun provinsi yang berjuluk bumi Tambun Bungai ini menjadi lebih baik lagi dengan sumber daya alam (SDA) yang ada," ujar Sugianto Sabran.

Dalam mengamankan SDA lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan TNI dan Polri melaksanakan razia dan telah mengamankan puluhan truk bermuatan zirkon dan minyak ilegal.

"Kita juga meminta Bupati di wilayah Kalimantan Tengah jangan ragu bekerja sama dengan TNI dan Polri di wilayahnya masing-masing dalam mengamankan SDA, supaya Kalteng bisa lebih maju dan bermartabat kedepannya," kata Gubernur.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat yang berlangsung di Istana Isen Mulang rumah jabatan Gubernur Kalteng tersebut dihadiri sejumlah pejabat pemerintah provinsi, Forkopimda, dan pejabat teras dua kabupaten.

Eddy Raya Samsuri dan Satya Titiek Atyani dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan serta Nurhidayah dan Ahmadi Riansyah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat periode 2017-2022.