Guntur Talajan Nilai Kualitas Festival Isen Mulang Kalteng Meningkat

id pemprov kalteng, Guntur Talajan, Kualitas Festival Isen Mulang Kalimantan Tengah Meningkat

Guntur Talajan Nilai Kualitas Festival Isen Mulang Kalteng Meningkat

Kepala Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Guntur Talajan (tengah), bersama Kadisbudpar sejumlah kabupaten saat menyaksikan lomba kapal hias di Sampit, Senin (22/5/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

terlihat dari perolehan-perolehan gelar juara masing-masing cabang lomba yang cukup bervariasi,"
Sampit (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan menilai, kualitas Festival Budaya Isen Mulang mengalami peningkatan yang menggembirakan.

"Antusias penonton, kuantitas peserta, dan kualitasnya juga meningkat. Ini juga terlihat dari perolehan-perolehan gelar juara masing-masing cabang lomba yang cukup bervariasi," kata Guntur di Sampit, Senin.

Festival Budaya Isen Mulang 2017 dilaksanakan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur pada 19 hingga 22 Mei. Saat pawai budaya sebagai pembukaan, tercatat 124 tim yang berpartisipasi dengan peserta sebanyak 2.651 orang.

Ada 19 lomba ditambah satu eksebisi pawai budaya yang dipertandingkan dalam event tahunan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah. Rangkaian acara dipusatkan di Sampit, termasuk puncak acara pada Selasa (23/5) digelar upacara di Stadion 29 November Sampit.

Berbagai seni dan olahraga tradisional yang dipertandingkan adalah jukung tradisional, jukung hias, besei kambe, maneweng manetek dan mayila kayu, panginan tradisional, mangaruhi, lawang sakepeng, tari daerah, tari pedalaman, tari pesisir, balogo, fotografi, lagu daerah, malamang, sepak sawut, habayang, manyipet, pemilihan putra dan putri pariwisata, karungut, eksebisi panginan sukup simpan.

Guntur mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang di Sampit yang menurutnya sangat sukses meski beberapa cabang lomba sempat terkendala cuaca. Kesuksesan ini sangat positif dampaknya bagi perkembangan pariwisata Kalimantan Tengah.

"Kita akan terus perbaiki dan tingkatkan kualitas Festival Budaya Isen Mulang ini. Kita sama-sama mempromosikan dan mengembangkan pariwisata daerah kita," kata Guntur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman mengatakan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin menjadi tuan rumah yang baik dalam melaksanakan event ini. Namun dia mengakui ada kekurangan yang harus dibenahi untuk perbaikan ke depan.

"Saya bersyukur karena banyak peserta yang menyampaikan bahwa mereka puas dengan fasilitas lomba yang kami siapkan, baik di darat maupun sungai. Ini menjadi bahan evaluasi kami untuk pembenahan agar pada event yang akan datang bisa lebih baik lagi," kata Fajrurrahman.

Fajrurrahman berharap Kotawaringin Timur bisa meraih sukses ganda yakni sukses sebagai tuan rumah dalam melaksanakan Festival Budaya Isen Mulang, serta sukses dalam meraih prestasi. Namun Fajrurrahman menyatakan, apapun hasil yang dicapai nantinya merupakan buah kerja keras yang harus dihargai dan dibanggakan.