Akhirnya! Pembangunan Kereta Api Katingan-Gumas Dihentikan, Ini Alasannya

id Pembangunan Kereta Api Katingan-Gumas Dihentikan, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, PT SUS

Akhirnya! Pembangunan Kereta Api Katingan-Gumas Dihentikan, Ini Alasannya

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

...kegiatan pembangunan rel kereta api Katingan-Gumas dihentikan dulu. Pemprov Kalteng akan mendukung dan membantu melengkapi perijinan...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengaku telah memerintahkan pembangunan kereta api dari Kabupaten Katingan hingga Kabupaten Gunung Mas dihentikan sementara waktu sampai berbagai perizinan sesuai ketentuan dilengkapi.

Memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat di Provinsi ini sangat membutuhkan investor dengan tetap mengacu serta memperhatikan berbagai aturan yang berlaku di Negara ini, kata Sugianto di Palangka Raya, Selasa.

"Jadi sementara perizinan masih diproses, kegiatan pembangunan rel kereta api Katingan-Gumas dihentikan dulu. Pemprov Kalteng akan mendukung dan membantu melengkapi perijinan. Ini kita lakukan demi kemajuan pembangunan Kalteng," tambahnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini membenarkan pembangunan kereta api Katingan-Gunung Mas pengangkut batubara milik PT Sinar Usaha Sejati (PT SUS) salah karena tidak melengkapi perijinan sesuai ketentuan yang berlaku.

Meski begitu, mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 ini dapat memaklumi kesalahan tersebut karena investornya berasal dari Negara Rusia, sehingga kemungkinan kurang mengetahui peraturan yang ada di Indonesia.

"Kita bisa mengedepankan hukum, tapi perlu diingat, Kalimantan Tengah perlu membangun. Rel kereta api ini tentunya sangat vital mengangkut komoditi di pedalaman Kalteng, khususnya batu bara. Jadi, kita tunggu kelengkapan prosedurnya," kata Sugianto.


Baca :