Nah! Wali Kota Minta ASN Lebih Berinovasi

id Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia, Wali Kota Minta ASN Lebih Berinovasi

Nah! Wali Kota Minta ASN Lebih Berinovasi

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

...tugas berat kita adalah mengatasi segala ketertinggalan, sekaligus meningkatkan daya saing daerah,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, HM Riban Satia meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkup pemerintah kota bisa lebih berinovasi dalam memajukan pembangunan di masa yang akan datang.

"Profesional saja belum cukup bila tidak diimbangi dengan berinovasi. Seluruh ASN dituntut lebih berinovasi lagi demi kepuasan pelayanan terhadap masyarakat demi memajukan pembangunan daerah," kata Riban Satia di Palangka Raya, Selasa.

Ia mengatakan ASN harus terus berusaha meningkatkan kualitas, keahlian, memperbaiki pola pikir, sikap pribadi dan perilaku searah dengan perubahan zaman saat ini dalam mengubah otonomi menjadi lebih baik.

"Keberhasilan masa depan pemerintahan harus mengimbangi perubahan lingkungan strategis. Perlu penyesuaian tepat agar tidak ketinggalan dan ditinggalkan perubahan dari waktu ke waktu," kata Wali Kota Palangka Raya dua periode itu.

Selain itu, konsep pandangan yang terlahir dari inovasi tentang pemerintahan yang baik merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kerja nyata dan membawa perubahan untuk mengatasi segala permasalahan masyarakat "Kota Cantik" Palangka Raya.

"Masa depan dapat dicapai lebih optimal jika kita mau belajar dari masa lalu. Dan tugas berat kita adalah mengatasi segala ketertinggalan, sekaligus meningkatkan daya saing daerah," tandas Riban Satia.

Saat ini, ketertinggalan daerah paling mendasar terlihat pada penyediaan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, listrik serta melaksanakan pelayanan publik menuju kesejahteraan dan daya saing daerah lebih baik.

Menurut dia semuanya itu tidak terlepas dari keterbatasan anggaran pemerintah kota sehingga perlu adanya inovasi-inovasi baru dari seluruh ASN yang ada dilingkup pemerintah kota Palangka Raya dalam menggali pendapatan asli daerah.

"Yang mampu memainkan peran tersebut adalah ASN yang memiliki kompetensi sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan, bermoral, profesional, inovasi dan bertanggung jawab sebagai pelayan publik," kata dia.