11 Pelajar Madrasah Muara Teweh Ikuti KSM Kalteng

id 11 Pelajar Madrasah Muara Teweh Ikuti KSM Kalteng, Barito Utara, Kalimantan Tengah, Kompetensi Sains Madrasah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

11 Pelajar Madrasah Muara Teweh Ikuti KSM Kalteng

Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara Tuaini Ismail foto bersama para peserta kompetensi saint madrasah di Muara Teweh, Selasa (23/5/17)Istimewa

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 11 murid Madrasah Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, mengikuti kegiatan Kompetensi Sains Madrasah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 di Palangka Raya.

"Ke-11 murid ini nanti akan berlomba bersama pelajar madrasah dari kabupaten lainnya di Kalteng," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara, Tuaini Ismail di Muara Teweh, Rabu.

Para murid tersebut yaitu Zada Syauqi dan Syifa Byandra Larasati dari MIN Melayu Muara Teweh mengikuti bidang studi Matetematika dan IPA. Anisaturrahman dari MTsN (bidang studi Matematika), Arda Sulis Mutiara dari MTsN (bidang studi Fisika) dan Putri Muna Parenti dari MTsN (bidang studi Biologi).

Inayati Syahida dari MAN (bidang studi Kimia), Ainun Jariah dari MAN (bidang studi Ekonomi)Siti Mahmudah dari MAN (bidang studi Matematika), Angga Aqsal Perdana dari MAN (bidang studi Geografi), Erina Aulia dari MAN (bidang studi Fisika) dan Nina Rismawati dari MAN (bidang studi Biologi).

"Alhamdulillah, kalian merupakan pelajar madrasah yang mewakili Kabupaten Barito Utara. Dan mudah-mudahan ke 11 peserta ini mampu bersaing lagi di tingkat Provinsi Kalteng dalam mengikuti KSM dan diharapkan dapat tembus lagi ditingkat nasional," katanya.

Tuaini mengatakan, tahun lalu satu pelajar MIN Melayu tembus ke tingkat nasional di Pontianak, Kalimantan Barat namun kalah dengan pelajar dari Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Diharapkan tahun ini giliran kita yang akan juara, insya Allah," kata dia.

Dia menyebutkan, madrasah bukan hanya belajar agama, banyak orang yang salah mengartikan bahwa di madrasah hanya diberikan pelajaran agama. Di madrasah juga diajarkan tentang saint teknologi, bahkan Islam juga mengajarkan untuk arungi luar angkasa sana.

Islam sudah mengajarkan tentang bumi, tentang luar angkasa. Islam sudah jauh mengajarkan tentang itu. Jadi untuk anak-anaku sekalian ikuti dengan sungguh-sungguh KSM ini. Anggaplah bersaing seperti di tempat kalian di Barito Utara. Dan yang paling penting dalam mengikuti kegiatan ini adalah ketelitian.

"Banyak orang pintar tapi gegabah, banyak orang pintar tapi tidak hati-hati. Keseriusan, kesungguhan dan ketelitian sangat diperlukan pada jaman sekarang ini, sehingga waktu yang sangat relatif singkat itu dapat digunakan untuk bersaing dan bekompetisi dengan peserta 14 Kabupaten/Kota se Kalteng," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Seksi Madrasah, Samsul Yahya mengatakan bahwa ke 11 pelajar madrasah ini merupakan hasil seleksi KSM tingkat Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan pada 4 Mei 2017 lalu. Peserta yang dikirim sebanyak 11 orang terdiri dari dua peserta dari MIN Melayu, tiga peserta dari MTsN dan enam peserta dari MAN Muara Teweh.

"Pembukaan KSM ini Insya Allah akan dilaksanakan nanti malam di Asrama Haji `Al Mambur` Jalan G Obos Palangka Raya, dan pelaksanaannya dilaksanakan pada hari Rabu (24/5)," kata Samsul.