Pemkab Barito Utara Sosialisasi Lokasi Transmigrasi Kecamatan Teweh Baru

id Tenggara Teweng, Pemkab Barito Utara Sosialisasi Lokasi Transmigrasi Kecamatan Teweh Baru

Pemkab Barito Utara Sosialisasi Lokasi Transmigrasi Kecamatan Teweh Baru

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara Tenggara foto bersama para peserta sosialisasi identifikasi dan sosialisasi lokasi transmigrasi baru satuan pemukiman Pugar (SP Pugar) di Kecamatan Teweh Baru, Selasa (23/5/17) I

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan identifikasi dan sosialisasi lokasi transmigrasi baru satuan pemukiman Pugar di Kecamatan Teweh Baru.

"Kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk pengembangan pembangunan kawasan transmigrasi dan penataan persebaran penduduk di kawasan transmigrasi," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Barito Utara (Barut) Tenggara Teweng di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Tenggara, tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui animo masyarakat dan tingkat kesadaran serta pemahaman sistem pengembangan kawasan transmigrasi di Kabupaten Barito Utara.

Kegiatan ini penting dilaksanakan, selain merupakan salah satu program pihaknya khususnya bidang transmigrasi dalam rangka memberikan pemahaman dan penjelasan program transmigrasi SP Pugar dan penataan persebaran penduduk di kawasan transmigrasi.

"Pembangunan transmigrasi merupakan urusan pilihan sebagai program bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, lembaga legislatif dan masyarakat. Pendekatan dan pelaksanaan bersifat bottom-up, peran pemerintah dalam hal pembinaan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat menjadi aktor utama dalam pelaksanaan pembangunan transmigrasi sebagai salah satu cara untuk mendistribusikan sumberdaya manusia produktif dalam rangka mengembangkan potensi daerah.

"Program transmigrasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigrasi dan masyarakat sekitarnya, peningkatan dan pemerataan pembangunan daerah serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," kata dia.

Di Kabupaten Barito Utara sudah diselenggarakan program transmigrasi di empat Kecamatan di daerah ini yaitu Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 1.260 kepala keluarga atau 5.754 jiwa, Kecamatan Gunung Timang sebanyak 888 KK (3.726 jiwa), Kecamatan Teweh Timur sebanyak 1.250 KK (4.787 jiwa), dan Kecamatan Teweh Selatan sebanyak 2.200 KK (8.878 jiwa) dengan jumlah keseluruhan 5.598 KK atau 23.145 jiwa.

"Program transmigrasi menambah jumlah penduduk di Kabupaten Barito Utara sehingga menunjang untuk pemekaran, salah satunya Kecamatan Teweh Tengah yang dimekarkan menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Teweh Baru dan Kecamatan Teweh Selatan, yang mana Kecamatan Teweh Tengah dan Kecamatan Teweh Selatan jumlah penduduknya sebagian besar banyak dari eks warga transmigrasi," ujarnya.