Menuju Puskesmas Terakreditasi, Dinas Kesehatan Barut Gelar Lokakarya Lintas Sektor

id Dinas Kesehatan Barut Gelar Lokakarya Lintas Sektor, Menuju Puskesmas Terakreditasi, Camat Teweh Tengah Eveready Noor

Menuju Puskesmas Terakreditasi, Dinas Kesehatan Barut Gelar Lokakarya Lintas Sektor

Lokakarya lintas sektor di Kecamatan Teweh Tengah di Muara Teweh, Rabu (24/5/17) Istimewa

Muara Teweh (Antara Kalteng) -Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dan Puskesmas Muara Teweh menggelar lokakarya lintas sektor menuju puskesmas terakreditasi.

"Peran lintas sektor dalam memaksimalkan akreditasi puskesmas, seperti peran evaluasi, informasi dan supervisi," kata Camat Teweh Tengah Eveready Noor saat memberikan paparan dalam kegiatan itu di aula Beppeda dan Litbang setempat di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Eveready Noor, Kecamatan Teweh Tengah dengan jumlah penduduk sekitar 24 ribu jiwa ada delapan desa dan dua kelurahan, dengan luas ini ada 11 puskesmas pembantu untuk melayani masyarakat.

"Jadi dengan adanya kegiatan ini merupakan bahan kerja sama antar lintas sektor," kata Camat Eveready Noor.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Barito Utara, Siswandoyo dalam kegiatan mengatakan, mini lokakarya berdasarkan Peraturan Menteri Kesehan yakni dimana setiap puskesmas harus mengadakan kegiatan lintas sektor.

Fungsinya untuk menggalang lintas sektor, sebab pada era pemerintahan sekarang adalah paradigma sehat. Salah satunya adalah pendekatan pada keluarga. Karenanya dinas ksehatan akan mendata seluruh keluarga di lingkungan puskesmas.

"Hal ini untuk data dasar seperti umur dan pekerjaan dan lebih umum lagi adalah mendata kesehatan seluruh warga di wilayah masing masing," kata dia.

Siswandoyo mengatakan, apa yang dinginkan pihak kecamatan diadakan rumah singgah bagi ibu melahirkan, maka ini lebih baik untuk mempermudah menunggu dan ini digratiskan.

"Dengan adanya kegiatan yang telah diselenggarakan, maka bisa menginformasikan kembali pada masyarakat di wilayah puskesmas masing masing," ujarnya.