KPU Jadikan Pemilih Pemula-Tokoh Agama Sasaran Sosialisasi Pilkada Palangka Raya

id Pemilih Pemula Sasaran Sosialisasi Pilkada Palangka Raya, KPU Palangka Raya, Eko Riadi, Pilkada Palangka Raya

KPU Jadikan Pemilih Pemula-Tokoh Agama Sasaran Sosialisasi Pilkada Palangka Raya

Ketua KPU Palangka Raya, Eko Riadi (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Para tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut kita harapkan nantinya aktif mengimbau warga ikut aktif dalam pelaksanaan pemilu 2018...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan akan menjadikan pemilih pemula, tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai sasaran sosialisasi pemilihan kepala daerah 2018.

"Para tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut kita harapkan nantinya aktif mengimbau warga ikut aktif dalam pelaksanaan pemilu 2018. Sasaran pemilih pemula karena sebagai media pengenalan pelaksanaan demokrasi," kata Ketua KPU Kota Eko Riadi di Palangka Raya, Kamis.

Melalui keterlibatan para tokoh agama dan tokoh masyarakat, diharapkan angka partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya 2018 meningkat dibanding pada Pilkada Gubernur Kalteng yang lalu.

Eko juga berharap masyarakat nantinya aktif memastikan diri telah masuk dalam daftar pemilih tetap. Daftar pemilih merupakan salah satu indikasi kerawanan Pilkada yang kerap terjadi hampir di seluruh wilayah penyelenggara Pemilu.

"Untuk itu, kami juga akan selektif menjaring petugas yang akan direkrut sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih sebagai ujung tombak pendataan," katanya.

Baca: Wow! Ini Alokasi Anggaran Pilkada Palangka Raya 2018

Dia mengatakan, alokasi anggaran pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang diajukan tidak ada perubahan yakni sebesar Rp18 miliar lebih.

"Besaran dana tidak ada perubahan, yakni sesuai yang kita ajukan dan sudah disetujui. Saat ini dalam proses hanya, tinggal menunggu penandatanganan nota perjanjian hibah daerah (NPDH) antara KPU dan wali kota," katanya.

KPU "Kota Cantik" Palangka Raya pada pelaksanaan pilkada serentak 2018 telah mengajukan anggaran dengan total nilai Rp18,647 miliar lebih yang mana Rp834 juta lebih untuk pendanaan pra pemilihan dan sisanya untuk tahapan pemilihan.