Disnakertrans Pulang Pisau Beri Pelatihan Menjahit

id bupati pulpis, pelatihan menjahit, disnakertrans pulpis

Disnakertrans Pulang Pisau Beri Pelatihan Menjahit

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo bersama sejumlah anggota DPRD ketika membuka pelatihan keterampilan menjahit sebagai upaya pemerintah setempat dalam menurunkan angka pengangguran. (Istimewa)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Mengatasi masalah pengangguran, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau memberikan pelatihan keterampilan menjahit kepada masyarakat. Dua lokasi pelatihan yang dipilih adalah Rumah Pintar Ananda, Kecamatan Kahayan Hilir dan Balai Desa Garantung, Kecamatan Maliku.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengungkapkan berdasarkan data statistik pada tahun 2015, bahwa angka pengangguran tercatat sebesar 3,29 persen dan dipastikan bertambah setiap tahunnya.

"Untuk mengurangi angka pengangguran itu perlu adanya sentuhan pemerintah setempat  dan pemerintah pusat dalam bentuk program dan kegiatan," kata Edy Pratowo ketika membuka pelatihan menjahit di Rumah Pintar Ananda, Rabu.

Edy Pratowo juga berharap ada banyak lagi kegiatan yang dilakukan dinas terkait dalam meningkatkan keterampilan yang bersentuhan langsung masyarakat. Berbekal keterampilan yang diperoleh ini, para peserta diharapkan bisa membuka usaha sendiri sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga tingkat pengangguran di daerah setempat dapat ditekan.

Mengatasi pengangguran, bisa dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan bagi masyarakat. Program dan kegiatan, terang Edy Pratowo, harus terus diajukan kepada pemerintah dalam menciptakan serta memberikan peluang kerja yang lebih banyak di berbagai sektor. 

"Meningkatnya keterampilan masyarakat tentu menciptakan peluang kerja sehingga mudah bersaing dalam dunia kerja, maupun dunia usaha," ucap Edy Pratowo.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Pulang Pisau, Farisco J Ibat mengatakan pelatihan menjahit ini menjadi salah satu program dari pihaknya untuk penyiapan tenaga kerja siap pakai.  Pelatihan untuk peningkatan keterampilan serupa juga nantinya dilaksanakan setiap tahun, bukan hanya menjahit tetapi keterampilan lain yang dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat.