Polres Kotim Akan Tingkatkan Patroli Tarawih Cegah Pencurian

id polres kotim, AKBP Muchtar Supiandi Siregar, Polres Kotim Akan Tingkatkan Patroli Tarawih Cegah Pencurian

Polres Kotim Akan Tingkatkan Patroli Tarawih Cegah Pencurian

Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah akan menggiatkan patroli tarawih saat bulan suci Ramadhan nanti untuk mencegah maraknya tindak pencurian.

"Saat waktu shalat tarawih termasuk waktu rawan pencurian. Kita tutup peluang pelaku kejahatan dengan meningkatkan patroli. Jadi meski mereka punya niat, tapi kita hajar kesempatannya sehingga mereka tidak bisa menjalankan aksi kejahatannya," kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Muchtar Supiandi Siregar di Sampit, Kamis.

Pria yang baru beberapa hari bertugas di Kotawaringin Timur, mengakui ada kecenderungan peningkatan pencurian saat Ramadhan. Pencuri memanfaatkan situasi karena saat bulan puasa, umat Islam berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah dan banyak beraktivitas di masjid dan musala.

Banyak warga yang meninggalkan rumah dalam kondisi kosong saat beribadah di masjid atau musala. Situasi itulah yang sering dimanfaatkan pencuri menjalankan aksinya.

Untuk mencegah pencurian itu, Polres akan menyebar personel mereka untuk melakukan patroli di permukiman warga. Harapannya, tidak ada kesempatan bagi pencuri menjalankan aksinya.

"Saya akan membuat program. Personel yang nonmuslim akan diikutkan dalam tim kecil untuk melaksanakan patroli setelah shalat Isya hingga selesai Tarawih. Ini untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor dan pencurian di rumah kosong," tambah Muchtar.

Selain menekan peluang terjadinya tindak pidana, peningkatan patroli dan pengamanan bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat. Khususnya bagi umat Islam agar merasa aman dan nyaman saat menjalankan ibadah tanpa khawatir rumah mereka dimasuki pencuri.

Muchtar juga akan melanjutkan program yang telah dijalankan Kapolres pendahulunya. Di antaranya menyiagakan Polwan untuk berjaga di lingkungan masjid saat masyarakat melaksanakan shalat Jumat.