Berikut Tips Agar Tetap Berenergi Saat Berpuasa

id tips, Kesehatan, bulan puasa, Berikut Tips Agar Tetap Berenergi Saat Berpuasa

Berikut Tips Agar Tetap Berenergi Saat Berpuasa

Ilustrasi (REUTERS/Catherine Benson)

Jakarta (Antara Kalteng) - Menjalankan puasa di bulan Ramadan bukan hambatan tetap berenergi melakukan pekerjaan sehari-hari Anda. Berpuasa bukan berarti juga menghilangkan kreativitas dan fokus Anda bekerja. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap berenergi selama berpuasa: 

1. Tarik napas dalam
Menarik napas dalam lalu mengembuskannya bisa membantu memberikan energi untuk Anda, juga sekaligus menenangkan diri. Saat rasa lapar melanda, tariklah napas dalam-dalam, karena bisa membuat darah Anda memompa dan meningkatkan energi Anda. 

Semakin dalam Anda menarik napas, maka semakin banyak oksigen yang mencapai sel tubuh sehingga membantu mereka menjalankan fungsinya pada tingkat optimal.

2. Lakukan peregangan
Peregangan bisa mengaktifkan cadangan energi di dalam tubuh dan membuat pemompaan darah Anda, sehingga secara instan meningkatkan tingkat energi Anda. 

Salah satu peregangan yang bisa Anda lakukan adalah duduk sembari meletakkan tangan kanan Anda di tepi lengan kiri dan lengan belakang Anda. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri Anda di sisi lain dan ulangi.

3. Tidur siang sebentar
Penelitian memperlihatkan tidur siang 10 sampai 20 menit dapat meningkatkan produktivitas, kewaspadaan, dan bahkan membantu Anda lebih fokus. 

4. Tertawalah 
Tertawa dikenal sebagai pereda stres, mood booster sekaligus bisa meningkatkan energi. Studi menunjukkan tertawa meningkatkan tekanan darah (yang semula rendah) dan detak jantung, sehingga mau tak mau membuat Anda merasa lebih energik.

5. Mengobrol dengan rekan kerja
Berbincang dengan rekan kerja bisa menaikkan level energi Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif secara sosial pada umumnya lebih produktif bekerja daripada mereka yang tidak.

6. Lakukan sesuatu yang menarik minat Anda
Tetap tertarik dengan apapun yang Anda lakukan pasti akan membuat Anda merasa berenergi (atau paling tidak, jauhkan pikiran Anda dari kelaparan).

7. Berjalanlah menjauh dari meja Anda
Duduk selama berjam-jam pasti membuat Anda mengantuk. Melangkahlah menjauh dari meja Anda selama beberapa menit untuk mengembalikan kesadaran Anda. Demikian seperti dilansir Arabian Business. 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa