Bupati Minta SOPD Barito Selatan Bekerja Maksimal

id bupati barsel, Eddy Raya Samsuri, Bupati Minta SOPD Barito Selatan Bekerja Maksimal

Bupati Minta SOPD Barito Selatan Bekerja Maksimal

Bupati dan Wakil Bupati Barsel, H. Eddy Raya Samsuri (kiri) dan Satya Titiek Atyani Djoedir saat diwawancarai sejumlah awak media usai apel perdana dengan ASN dihalaman kantor Bupati setempat, di Buntok, Jumat (26/5/17). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilm

Buntok (Antara Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah bekerja lebih maksimal untuk mempercepat pembangunan di daerah tersebut.

"Selain mempercepat pembangunan juga dimaksudkan untukbmemberi pelayanan cepat kepada masyarakat, dan saya tidak ingin ada keluhan terkait pelayanan," katanya saat memimpin apel perdana bersama Aparatur Sipil Negara di Buntok, Jumat.

Ia meminta kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dapat melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab serta dedikasi yang tinggi dalam pengabdian kepada rakyat di daerah ini.

"Parameter utama dalam menentukan fungsi kinerja yang baik itu, kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara," ucap Bupati.

Menurut dia, pejabat eselon itu diibaratkan sebagai "juru masak" kebijakan sehingga kebijakan suatu instansi sebagian akan ditentukan oleh kemampuan, komitmen, integritas dan loyalitas pejabat eselon.

Oleh karena itu pejabat eselon II, III dan IV hendaknya mempunyai kemampuan dan kemauan yang kuat untuk senantiasa memiliki wawasan yang luas serta memiliki data dan informasi sahih.

"Selain itu juga memiliki semangat juang tinggi, dan siap membantu pimpinan merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Ini penting karena pejabat eselon penggerak manajemen dan administrasi, baik secara sinergis, paralel maupun parsial unit kerja," kata dia.

Ia meminta pejabat eselon bekerja dengan baik sesuai tanggung jawabnya masing-masing serta harus cepat memahami tugasnya sehingga bisa memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi.

"Kita meminta pejabat eselon segera menyusun rencana tindak atas rencana kerja yang sudah dituangkan dalam DIPA 2017, dan tingkatkan kapasitas agar berkualitas dalam bekerja," tambah dia.

Bupati menyatakan tidak ingin melihat ada pegawai satuan kerja malas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, dan bagi yang tidak bekerja dengan baik, bolos saat jam kerja akan diberi tindakan tegas.

Dia mengatakan, dengan visi misi yang menjadi kerangka acuan kerja, dirinya berkeinginan kabupaten ini bergerak lebih baik sehingga membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Barito Selatan di masa mendatang.

Apel perdana yang berlangsung di halaman kantor Bupati Barito Selatan itu dihadiri Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir dan pejabat eselon II, III dan IV serta camat dan kepala desa setempat.