Pemindahan Tiang Listrik Sebabkan Empat Jembatan Rusak, kata Kadis PUPR Kalteng

id PUPR Kalteng, Leonard S Ampung, Pemindahan Tiang Listrik Sebabkan Empat Jembatan Rusak

Pemindahan Tiang Listrik Sebabkan Empat Jembatan Rusak, kata Kadis PUPR Kalteng

Kadis PU Kalteng Leonard S Ampung saat di wawancari sejumlah awak media (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...sekarang ini berupaya mempercepat perbaikannya agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Tengah Leonard S Ampung menyebut empat jembatan menuju Kabupaten Seruyan mengalami kerusakan diduga disebabkan aktivitas pemindahan tiang listrik.

Kerusakan empat jembatan tersebut tidak bisa lagi diperbaiki melainkan harus benar-benar diganti dan Pemerintah Provinsi sudah menganggarkannya di tahun 2017, kata Leonard di Palangka Raya, Jumat.

"Jadi, kita tidak hanya kondisi jalan yang perlu mendapat perhatian PUPR Kalteng, namun juga sejumlah jembatan penghubung di kabupaten. Kita sekarang ini berupaya mempercepat perbaikannya agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat," tambahnya.

Dikatakan, progres penanganan infrastruktur jalan di untuk semester satu telah mencapai 30 persen. Saat ini tidak ada pengerjaan infrastruktur yang mengadahui perubahan anggaran karena Pemprov masih melakukan penanganan dengan dana reguler.

Leonard mengatakan, penanganan infrastruktur yang telah direncanakan sebelumnya diupakan bisa selesai sesuai dengan jadwal. Tentu hal ini bertujuan agar tidak mengganggu penyerapan anggaran pemerintah.

"Saat ini masih menggunakan yang reguler, belum ada yang mendahului perubahanan. Kalau pekerjaan mendahului perubahan ini harus mendapat persetujuan dari TAPD dan DPRD Kalteng," ucapnya.

Kepala PUPR Kalteng ini juga berkomitmen dan akan berupaya keras agar perbaikan jalan dari Palangka Raya hingga Kabupaten Kapuas tersebut dapat terlaksana bahkan selesai dikerjakan sebelum Hari Raya Idul Fitri, agar masyarakat yang mudik dapat melaluinya dengan nyaman.

Dia mengatakan, Pemerintah Pusat telah menganggarkan perbaikan ruas jalan poros selatan Kalteng. Perbaikan itu dimulai dari Perbatasan Kalteng-Kalimantan Barat, menuju Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Timur, Katingan, Kota Palangka Raya, Pulang Pisau, Kapuas hingga perbatasan Kalteng-Kalimantan Selatan.

"Terpenting itu kontraknya. Kalau itu sudah ada, kita bisa meminta kontraktor mempercepat pengerjaan. Apalagi cuaca sekarang ini kan mendukung untuk pengerjaan. Jadi, saat Idul Fitri kondisinya sudah bisa baik," kata Leonard.