Polda Kalteng Perintahkan Seluruh Polres Siapkan Peralatan Perangi Terorisme

id Polda Kalteng, Polres Se-Kalteng Siapkan Peralatan Perangi Terorisme, Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Anang Revandoko

Polda Kalteng Perintahkan Seluruh Polres Siapkan Peralatan Perangi Terorisme

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko beserta jajarannya melakukan kegiatan silaturrahmi antara Polri dan insan Pers, Jumat (26/5/17). (Foto Antara Kalteng/Abow)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Anang Revandoko mengaku telah memerintahkan seluruh polres di provinsi ini hendaknya siaga dan mempersiapkan berbagai peralatan untuk mencegah sekaligus memerangi terorisme yang berupaya membuat keonaran.

Seluruh personel Polda Kalteng juga telah memperketat semua jalur keluar masuk ke Provinsi ini yang mungkin digunakan para kelompok teroris, kata Anang saat bertemu Jajaran Polda Kalteng dengan insan Pers yang ada di Kota Palangka Raya, Jumat.

"Tapi, apapun yang telah kita persiapkan ini akan kurang maksimal jika tidak didukung semua pihak, khususnya media. Kita sangat membutuhkan bantuan Media untuk ikut mengelola situasi dan kondisi yang ada di Kalimantan Tengah tetap kondusif," tambahnya.

Menjaga keutuhan dan kesatuan Bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila perlu andanya komitmen bersama seluruh elemen, komponen dan lapisan masyarakat dan juga anak Bangsa, hal itu merupakan harga mati.

Anang mengatakan, jangan sampai orang lain mencerai-beraikan kesatuan Bangsa yang telah dijunjung masyarakat selama ini. Persatuan serta persaudaraan sesama anak Bangsa perlu lebih diperetat lagi, bahkan suasana kondusif yang ada di Kalimantan Tengah harus menjadi contoh bagi Provinsi lain yang ada di Indonesia.

"Indonesia adalah Bangsa yang besar, memegang teguh satu nusa satu bangsa satu bahasa, memiliki bermacam-macam suku, agama, adat, dan budaya. Jangan sampai kekayaan luar biasa yang tidak dimiliki Negara atau Bangsa lain itu rusak akibat ulah oknum teroris," tegasnya.

Kapolda Kalteng pun mengharapkan insan pers serta masyarakat hendaknya memberikan masukan maupun usulan kepada aparat Kepolisian terkait apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga suasana kondusif di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini.

Dia mengatakan, dalam waktu dekat menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, serta dilanjutkan pelaksanaan Pemilihan Presiden RI dan Pemilihan Legislatif tahun 2019, sehingga berbagai tindakan cerdas harus segera dilakukan.

"Apapun akan dilakukan aparat kepolisian agar suasana kondusif di provinsi ini tetap terjaga. Apapun masukan akan kami terima dan jalankan. Ini demi keutuhan NKRI," demikian Anang.