Wakil Wali Kota Petahana Siap Berkompetisi Pilkada 2018

id wakil wali kota palangka raya, mofit saptono

Wakil Wali Kota Petahana Siap Berkompetisi Pilkada 2018

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia (kiri) dan Mofit Saptono Subagio. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya petahana Mofit Saptono Subagio menyatakan siap ambil bagian dalam Pemilihan Wakil Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya 2018.

"Saya merasa cukup memiliki alasan. Alhamdulillah empat tahun saya menjalani wakil wali kota. Apabila nanti ada keputusan dan kompromi politik yang melibatkan saya sebagai salah satunya, maka sebagai warga negara siap menjalankan penugasan itu," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan, keputusan maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil wali Kota merupakan keputusan politik. Kemudian pencalonan secara berpasangan dalam pilkada juga capaian kompromi politik.

Saat ditanya terkait belum adanya komunikasi dengan partai politik yang salah satunya karena tidak mengikuti penjaringan Mofit mengatakan, kompromi politik tak hanya bisa dilakukan salah satu pihak.

"Kalau selama ini saya belum bersuara itu karena keputusan politik dan kompromi politik itu tidak mungkin hanya ditetapkan salah satu pihak melainkan banyak pihak yang mempengaruhi dan memformatkannya. Silakan saya dinilai dan ini masih banyak waktu. Insya Allah saya ikhlas menerima penilaian itu," katanya.

Mofit tidak menampik jika selama ini ada beberapa pihak yang melakukan kompromi politik dengannya.

"Ya pembicaraan-pembicaraan ada tetapi perlu adanya kesimpulan yang lebih universal lagi. Dan saya pikir harus diingat bahwa wali kota dan wakil yang terpilih 2018 adalah milik dan ada di Palangka Raya, sehingga pemimpin yang mampu mensinergikan pemerintah kota dan pemprov untuk kemajuan kota adalah hal mutlak," katanya.

Saat dikonfirmasi siap maju sebagai calon wali Kota atau wakil wali kota dia enggan menjawab secara pasti.

"Saya belum bisa menjawab itu. Saya pikir saya selama ini sudah menjalaninya. Selama empat tahun Alhamdulillah Pak Riban sebagai mentor dan senior banyak memberi kesempatan untuk menjalankan beberapa bagian dari fungsi-fungsi kepala daerah. Walaupun dalam pengambilan keputusan saya harus tetap berkoordinasi dengan beliau," katanya.

Pengalaman selama empat tahun tersebut juga dinilai sebagai angka tambah ketika dia mendapat kepercayaan dalam Pilkada Serentak 2018 mendatang. ***2***

(T.KR-RNA/B/S019/S019) 31-05-2017 16:34:52