Pemuda Berbagai Komunitas Kapuas Peringati Hari Lahir Pancasila

id hari lahir pancasila, pemuda kapuas

Pemuda Berbagai Komunitas Kapuas Peringati Hari Lahir Pancasila

Sejumlah pemuda pemudi berbagai komunitas di Kapuas memperingati hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6) sore. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Sejumlah pemuda dan pemudi Kapuas yang berasal dari berbagai komunitas menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila dengan cara sederhana dan unik di kawasan pasar kuliner Ramadhan lapangan olah raga Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Kamis (1/6) sore.

Sejumlah komunitas seperti pecinta alam Smagapala, Dingsanak Travelista, Komunitas Baca, Club Sepatu Roda, Club English Kapuas hingga Orari Kapuas berkumpul untuk menyatakan kesetiaannya pada Pancasila.

Acara diawali dengan pembacaan teks Pancasila secara bersama-sama yang dilanjutkan dengan pembacaan makna dari Pancasila serta pembacaan arti lambang dalam Pancasila yang diakhiri dengan doa bersama.

Ketua koordinator kegiatan Faturrahman mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni tersebut untuk lebih memperkuat rasa cinta kita terhadap NKRI dengan memahami Pancasila sebagai lambang negara Republik Indonesia.

"Pancasila itu tidak semata-mata hanya dibaca setiap hari Senin saat upacara saja, namun hendaknya dipahami oleh semua orang yang mengaku sebagai warga Indonesia dari segala umur, baik anak anak, dewasa hingga orang tua," kata Fatur.

Ditambahkannya, teks Pancasila haruslah dipahami maknanya untuk diamalkan dalam kehidupan berbangsa di Tanah Air agar selalu terjaga kesatuan dan persatuan. 

"Mungkin  setiap warga negara rata rata hapal teks Pancasila, akan tetapi tidak sedikit yang belum mengetahui apa arti dan makna Pancasila itu sendiri," ucapnya.