Sip! Pemkab Seruyan Tata Fasilitas Pantai Sungai Bakau

id Bupati seruyan, Sudarsono, Pemkab Seruyan Tata Fasilitas Pantai Sungai Bakau

Sip! Pemkab Seruyan Tata Fasilitas Pantai Sungai Bakau

Ilustrasi - Objek wisata Pantai Sungai Bakau di Kecamatan Seruyan Hilir Timur. (taufikirawan.blogspot.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah berencana melakukan penataan objek wisata Pantai Sungai Bakau yang terletak di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

"Beberapa fasilitas di Pantai Sungai Bakau rencananya akan dipindah atau diperbaiki dan ditata kembali supaya lebih baik," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin.

Sejumlah fasilitas di salah satu objek wisata favorit masyarakat di "Bumi Gawi Hatantiring" yang rencananya akan diperbaiki atau dipindah, di antaranya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sungai Bakau dengan Pantai Seribu Cemara.

"Perbaikan jembatan gantung masih dikaji secara teknis karena lokasinya kemungkinan dapat dirubah, dan kita coba nanti pindahkan ke dekat kawasan yang dikelola oleh pemerintah daerah," katanya.

Selain jembatan gantung, Pemkab Seruyan juga berencana mengalihkan jalur keluar masuk kapal nelayan ke sisi timur Sungai Bakau sehingga tidak lagi melalui muara Sungai Bakau yang berada di sisi selatan kawasan Desa Sungai Bakau.

Setelah itu, di muara Sungai Bakau yang sering mengalami pasang surut akan dibangun jembatan kayu yang dapat digunakan pengunjung untuk menyeberangi sungai sambil melihat keindahan Pantai Sungai Bakau.

"Penataan-pentaan di objek wisata Pantai Sungai Bakau ini akan kita kaji lagi lebih dalam, sehingga penataan itu dapat benar-benar terencana dengan baik," katanya.

Ia menambahkan, Seruyan memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan objek wisata pantai, karena Seruyan merupakan salah kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Kalteng, yakni mencapai 130 kilometer.

Karena itu, Pemkab akan terus berupaya untuk mengembangkan objek wisata pantai sebagai salah satu wisata unggulan di Seruyan.

Diharapkan pengembangan objek wisata pantai di wilayah Seruyan dapat berdampak positif, terutama terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

"Harapan saya ke depan, pengembangan wisata pantai ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat," katanya.