Sejumlah Titik Dalam Kota Buntok Terendam Banjir

id Kota Buntok, Banjir di Buntok, Barito Selatan, Sejumlah Titik Dalam Kota Buntok Terendam Banjir

Sejumlah Titik Dalam Kota Buntok Terendam Banjir

Banjir yang menggenangi pekarangan rumah penduduk di jalan AMD II Buntok (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sejumlah titik dalam kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam beberapa hari terakhir terendam banjir.

Pantauan Antara, di Buntok, Senin, sejumlah titik pekarangan rumah penduduk yang terendam banjir tersebut seperti di Jalan AMD II, Jalan Kelurahan, Jalan Pelita Raya, Jalan Sepakat II dan di kelurahan Jelapat.

Selain di pekarangan rumah penduduk di kota Buntok, pekarangan rumah penduduk di sejumlah desa yang berada di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito pun tergenang banjir.

Tinggi genangan air yang merendam sebagian pekarangan rumah penduduk di kota Buntok dan sejumlah desa akibat intensitas hujan dan meluapnya air di Sungai Barito tersebut sekitar antara 5 cm hingga 50 cm.

"Genangan air yang menggenangi depan rumah kami sekitar 10 cm, dan sudah berlangsung selama kurang lebih 5 hari terakhir ini,"kata salah seorang warga Jalan AMD II Buntok, Masreal.

Ia mengatakan, debit air yang menggenangi pekarangan rumahnya itu sekitar 10 cm dan kondisi air sepertinya pada hari ini debit air bertahan dan debit airnya ada mengalami peningkatan.

Berdasarkan pantauan, selain pekarangan rumah penduduk, tempat pemakaman umum (TPU) muslimin Raut Jalan Pahlawan Buntok juga digenangi banjir dengan ketinggian 50 cm.

"Air yang menggenangi dari bagian belakang hingga kebagian tengah lokasi kuburan tersebut sekitar 50 cm, sedangkan bagian depannya masih belum digenangi banjir,"kata salah seorang warga, Yani.

Dirinya sangat prihatin dengan terendamnya kuburan tersebut, dan berharap kondisi air bisa surut, sebab kalau debitnya masih tinggi, kesulitan mengubur kalau ada yang meninggal dunia.