DLH Sukamara Ajak Warga Jaga Lingkungan dengan Cara Menanam

id Kabupaten Sukamara, DLH Sukamara, DLH Sukamara Ajak Warga Jaga Lingkungan dengan Cara Menanam, Rendy Lesmana

DLH Sukamara Ajak Warga Jaga Lingkungan dengan Cara Menanam

Dinas Lingkungan Hidup saat memberikan bibit capai dan lengkeng kepada masyarakat (Istimewa)

Sukamara (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukamara Kabupaten Sukamara, Rendy Lesmana mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah itu untuk menjaga lingkungan dengan cara menanam.

"Menjaga lingkungan hidup sudah menjadi kewajiban semua, walaupun itu hanya dengan cara sederhana seperti melakukan penanaman pohon maupun tanaman lainnya," kata Rendy di Sukamara, Selasa.

Ia mentakan, cara yang paling mudah dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan dari kerusakan adalah dengan menanam pohon dan tamanan lain walauapun tanaman tersebut hanya cabai.

Menurutnya, walaupun saat ini Dinas hanya membagikan bibit cabai dan kelengkeng ke masyarakat yang dipusatkan di Pasar Ramadan, dengan tujuan agar masyarakat mau menanam tanaman, karena itu merupakan bentuk rasa cinta kepada lingkungan yang paling sederhana.

Dan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini yaitu conection people to nature yang bertujuan agar semua manusia kembali kepada alam, karena selama ini manusia sangat tergantung dengan alam sehingga menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga kelestarian alam.

Selain itu yang paling penting menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk menjaga alam dan itu menjadi keinginan agar masyarakat ikut serta dalam melestarikan alam walau hanya dengan cara kecil seperti menanam cabai maupun menanam tanaman lainnya di rumah dan outputnya semua orang peduli dengan alam.

Saat ini pembentukan karakter masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sangat diperlukan, karena itu DLH Sukamara sangat intens melakukan berbagai sosialisasi yang menjaring semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungannya.

"Untuk membentuk karakter tersebut, kita harus mulai dari kalangan remaja dengan adanya pemilihan duta lingkungan beberapa waktu yang lalu dan itu sebagai cara untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan. Selanjutnya, kita juga menyasar masyarakat umum dengan sosialisasi terkait penanganan kebakaran hutan yang hingga kini terus kita lakukan," demikian Rendy Lesmana