Sakariyas Resmi Jabat Plt Bupati Katingan

id bupati katingan, sakariyas

Sakariyas Resmi Jabat Plt Bupati Katingan

Plt Bupati Katingan Sakariyas. (katingankab.go.id)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Katingan Sakariyas telah resmi menjadi pelaksana tugas Bupati Katingan setelah Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyerahkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri di Istana Isen Mulang Kota Palangka Raya, Rabu malam.

Plt Bupati harus segera menjalin komunikasi dengan para tokoh agama dan adat serta elemen lainnya agar suasana tentram di Kabupaten Katingan tetap terjaga pasca diberhentikannya Yantenglie, kata Sugianto di sela-sela penyerahan SK Mendagri ke Sakariyas.

"Saya juga mengharapkan Pak Sakariyas menjalin komunikasi dengan Yantenglie serta tetap menjalankan visi-misi yang telah dicanangkan selama ini. Bagaimanapun pak Sakariyas kan berpasangan dengan Yantenglie selama beberapa tahun ini memimpin Kabupaten Katingan," tambahnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak mengulur waktu memberhentikan Yantenglie dan mengangkat Sakariyas sebagai Bupati Katingan hanya karena berbeda agama.

Dia mengatakan bagi dirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika harga mati, sehingga SK Mendagri yang baru diberikan sekarang tidak ada kaitannya perbedaan agama.

"Ada beberapa proses yang perlu dilakukan menindaklanjuti SK Mendagri itu. Jadi tidak ada sama sekali kaitannya dengan karena saya Muslim, pak Sakariyas Nasrani. Bagi saya semua sama, tak ada perbedaan Agama ataupun suku," ucapnya.

Sugianto yang pernah menjadi Anggota DPR RI periode 2000-2014 ini pun mengingatkan Plt Bupati segera mengambil langkah serius menangani bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Petak Bahandang, Piawan, Katingan Hilir dan Katingan Tengah.

Dia pun menyesalkan informasi terjadinya banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Katingan justru diketahui dari para wartawan. Apalagi sampai sekarang ini ternyata Pemkab Katingan belum terlalu optimal melakukan penanganan.

"Saya sudah instruksikan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kalteng untuk turun langsung menangani bencana banjir di Katingan. Saya minta Pemkab Katingan juga cepat melakukan tindakan, kasihan masyarakat saya itu," demikian Sugianto.