10 Ton Bawang Putih Tiba di Kalteng

id bulok kalteng, bawang putih, 10 Ton Bawang Putih Tiba di Kalteng

10 Ton Bawang Putih Tiba di Kalteng

Pegawan Bulog Divre Kalteng saat meninjau gudang penyimpanan bawang putih di kantor bulog setempat di Palangka Raya, Jumat (9/6/2017). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sebanyak 10 ton bawang putih telah tiba di Kalimantan Tengah dan siap didistribusikan guna mengantisipasi kelangkaan dan melonjaknya harga selama Ramadhan 1438/2017 di provinsi setempat.

"Jumlah bawang yang kita datangkan sebanyak 11 Ton. Namun satu tonnya sudah tiba sejak beberapa waktu lalu sehingga sisanya 10 ton baru saja datang dan siap didistribusikan," kata Kepala Pedum Bulog Divre Kalimantan Tengah, Ma`ruf di Palangka Raya, Jumat.

Ma`ruf mengatakan, 10 ton bawang putih tersebut telah didistribusikan ke sejumlah subdivre yang ada di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" ini.

"Totalnya kita mendapat jatah 11 ton bawang putih. Untuk Palangka Raya totalnya mendapat jatah lima ton, Kabupaten Kapuas 1,25 ton, Kabupaten Kotawaringin Timur, 1,25 ton, Kabupaten Kotawaringin Barat 1,25 ton, Kabupaten Barito Utara 1,25 ton dan Kabupaten Barito Selatan satu ton," katanya.

Dia menerangkan, pihaknya berdasar peraturan pemerintah menjual bawang putih tersebut dengan HET seharga Rp38.000 per kilogramnya.

"Masyarakat dapat membeli bawang putih tersebut di kantor-kantor Bulog, rumah pangan kita (RPK) binaan Bulog, maupun di pasar penyeimbang dan di lokasi operasi pasar yang merupakan salah satu lokasi penjualan milik Bulog," katanya.

Dia menambahkan, dipilihnya RPK sebagai salah satu lokasi penjualan karena penyebarannya yang luas terlebih saat ini di seluruh wilayah Kalimantan Tengah telah hampir 300-an RPK terbentuk.

Saat ini untuk wilayah Palangka Raya, Perum Bulog telah melakukan penjualan bawang putih secara langsung. Selain itu, sisanya masih dilakukan penyimpanan di gudang.

Dengan keadaan ini, masyarakat diminta tidak was-was akan kekurangan pasokan bawang putih selama Ramadhan hingga lebaran mendatang.