1.000 Paket Sembako Murah Siap Dijual di Seruyan

id sembako murah, diskoperindag seruyan, ruslian nor

1.000 Paket Sembako Murah Siap Dijual di Seruyan

Ilustrasi - Sembako murah. (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, akan menyiapkan 1.000 paket sembako yang dijual pada kegiatan pasar murah menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kegiatan pasar murah sendiri rencananya dilaksanakan mulai pertengahan Juni 2017," kata Kepala Seksi Perdagangan Diskoperindag dan UMKM Seruyan Ruslian Nor di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia menjelaskan, khusus tahun ini kegiatan pasar murah akan dipusatkan di Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu.

Dipilihnya Kecamatan Seruyan Hulu sebagai tempat penyelenggaraan pasar murah karena tahun ini masyarakat di daerah hulu Seruyan banyak yang tidak bisa bertani menyusul larangan membakar lahan sehingga mengalami kesulitan ekonomi.

"Adapun sasaran pasar murah bersubsidi menyambut Idul Fitri tersebut adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah, khususnya dari kaum muslim yang akan berlebaran," katanya.

Adapun paket sembako yang akan dijual dalam pasar murah tersebut terdiri kebutuhan pokok di antaranya beras lima kilogram, minyak goreng, mie instan, kopi, serta ikan kaleng atau sarden.

"Harga satu paket sembako Rp100 ribu. Namun dalam kegiatan pasar murah, masyarakat akan memperoleh subsidi 35 persen atau Rp35 ribu untuk setiap paket sembako yang dibeli," katanya.

Ia menambahkan, secara teknis pelaksanaan pasar murah jelang lebaran itu akan dikelola langsung oleh pihak kecamatan, sedangkan Diskoperindag hanya akan melakukan pengawasan agar kegiatan pasar murah berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan pasar murah yang kita laksanakan setiap tahun ini dapat meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu yang akan berlebaran," katanya.