Baru 9 Desa di Barsel Direkomendasi Pencairan DD, Ini Mereka

id dana desa, desa di barsel, bambang purwanto

Baru 9 Desa di Barsel Direkomendasi Pencairan DD, Ini Mereka

Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelembagaan pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barsel, Bambang Purwanto. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Saat ini sudah ada sembilan desa di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang mengajukan pencairan Dana Desa.

"Dari 86 Desa, hanya sembilan desa yang mengajukan dan telah direkomendasi pencairannya," kata Kabid Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barsel, Bambang Purwanto di Buntok, Selasa.

Ia menjelaskan, sembilan desa tersebut diantaranya desa Muara Arai, Janggi, Babai, Pamait, Muara Singan, Danau Ganting, Muara Talang, dan Desa Teluk Telaga.

"Dari sejumlah desa tersebut, ada dua desa yang sedang dalam proses pencairan pada Bank Rakyat Indonesia yakni desa Danau Ganting dan Pamait,"ucap dia.

Sedangkan desa lainnya di wilayah Barsel ini lanjut Bambang Purwanto, masih belum mengajukan rekomendasi pencairan Dana Desa kepada pihaknya.

"Hal tersebut karena sebagian belum lengkap administrasinya, dan sebagiannya lagi lantaran fokus pada kegiatan Alokasi Dana Desa (ADD) terlebih dahulu,"tambah dia.

Selain itu juga kata Bambang, keterlambatan pencairan DD ini disebabkan adanya tarik ulur tujuan rekomendasi yang menyesuaikan dengan peraturan baru, dan pihaknya telah menyepakati tujuan rekomendasi ke PPKAD.

Ia juga menyampaikan, kalau dulu sistem rekomendasi yang diberikan per desa yang mengajukan pencairan, sedangkan saat ini rekomnya diajukan secara kolektif.

"Kami sudah sampaikan pemberitahuan kepada pihak desa, agar penyampaian pengajuan setiap Rabu pagi sehingga bisa diajukan rekomendasi secara kolektif dalam setiap minggu,"kata dia.