Bupati Seruyan Minta Kepolisian Berantas Habis Narkoba

id bupati seruyan, kepolisian, pemberantasan narkoba

Bupati Seruyan Minta Kepolisian Berantas Habis Narkoba

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono meminta kepolisian setempat memberantas habis peredaran narkoba di daerahnya yang semakin marak terjadi dan sudah merambah hingga ke pedesaan.

"Peredaran narkoba kalau tidak diberantas maka berpotensi merusak moral, akhlak, kepribadian, dan masa depan masyarakat, khususnya anak-anak dan pemuda sebagai generasi penerus daerah ini," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengatakan, selama ini upaya Kepolisian Resor Seruyan dalam memberantas narkoba sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba , baik narkoba jenis sabu maupun Carnophen atau Zenith yang terjadi di wilayah "Bumi Gawi Hatantiring".

"Apalagi saat ini Polres Seruyan dipimpin oleh Kapolres AKBP Nandang Mu`min Wijaya yang berlatar belakang Satuan Narkoba, jadi kita yakin pemberantasan narkoba akan lebih gencar lagi," katanya.

Bupati yang terpilih lewat jalur perseorangan ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif membantu pemerintah dan kepolisian dalam memberantas peredaran barang haram tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung program pemberantasan narkoba adalah dengan mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari pengaruh buruk lingkungan dan pergaulan serta memberikan pendidikan agama dan nilai-nilai yang berkarakter sehingga tumbuh menjadi insan yang bertakwa, berbakti, berguna bagi keluarga, bangsa dan negara.

"Jadi, pemerintah dan kepolisian berperan aktif melakukan pemberantasan peredaran narkoba, sementara masyarakat bisa membantu dengan cara dari diri sendiri dan keluarga dengan menjauhi dan tidak menggunakan narkoba," katanya.

Sementara, Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu`min Wijaya menegaskan, pihaknya telah berkomitmen untuk menumpas narkoba tanpa ampun, karena narkoba ini bukan hanya musuh polisi tapi juga sudah menjadi musuh negara.

"Khusus untuk memberantas narkoba di Seruyan, kita akan memperkuat monitoring intelijen, memperluas jejaring informasi masyarakat, sosialisasi, serta penindakan hukum secara tegas kepada pengedar maupun bandar narkoba," katanya.