Nah! Bupati Minta Mahasiswa Ikut Promosikan Wisata Seruyan

id bupati seruyan, sudarsono, Bupati Minta Mahasiswa Ikut Promosikan Wisata Seruyan

Nah! Bupati Minta Mahasiswa Ikut Promosikan Wisata Seruyan

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono meminta masyarakat khususnya mahasiswa ikut berpartisipasi aktif mempromosikan seluruh potensi wisata yang ada di daerah itu.

"Kami berharap mahasiswa, terutama yang menuntut ilmu di luar daerah Seruyan dapat membantu pemerintah untuk memperkenalkan potensi pariwisata kepada masyarakat luas," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Sudarsono mengatakan, di beberapa daerah seperti di Banjarmasin, Yogyakarta dan Malang sudah berdiri Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (IKPM) Seruyan yang hendaknya dapat dijadikan wadah mahasiswa berdiskusi untuk memajukan Seruyan.

"Pemerintah selalu terbuka untuk menerima masukan dan saran dari mahasiswa selaku intelektual muda, khususnya yang berkaitan dengan strategi memajukan sektor pariwisata," katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Seruyan tahun 2015 lalu, mahasiswa asal "Bumi Gawi Hatantiring" jumlahnya mencapai 1.000 orang dan tersebar di seluruh Indonesia, bukan hanya di Kalimantan tapi juga di Pulau Jawa, Sumatera hingga Sulawesi.

"Para mahasiswa ini tentu punya pergaulan yang lebih luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi wisata daerah kita," katanya.

Ia menambahkan, selain aktif mempromosikan wisata daerah, mahasiswa juga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dan dinamika kehidupan yang semakin berkembang.

Kemudian, mahasiswa harus menuntut ilmu dengan penuh semangat. Membekali diri dengan berbagai keterampilan, teknologi serta bahasa asing sehingga ketika pulang nanti dapat berkontibusi untuk membangun Seruyan menjadi lebih baik dan lebih maju.

"Seruyan menanti para generasi terdidik ini untuk bersama-sama membangu. Karena itu jadilah sarjana yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia dan berbudaya," katanya.