Musim Mas Group Kalteng Gelar Pasar Murah di 17 Desa

id Musim Mas Group, Sukajadi Sawit Mekar, pasar murah

Musim Mas Group Kalteng Gelar Pasar Murah di 17 Desa

Masyarakat Desa Penyang Kecamatan Telawang berfoto dengan manajemen perusahaan saat pasar murah. Musim Mas Group Kalteng menggelar operasi pasar di 17 desa di Kotim. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit Musim Mas Group melalui unit usaha di Provinsi Kalimantan Tengah antara lain PT Sukajadi Sawit Mekar, kembali menunjukkan kepedulian mereka kepada masyarakat dengan menggelar pasar murah di 17 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan sosial ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng. 
    
Pasar murah yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Kotawaringin Timur ini dilaksanakan mulai 19 hingga 23 Juni nanti. Pelaksanaannya secara bergantian oleh PT Sukajadi Sawit Mekar bersama tiga perusahaan lainnya yakni PT Maju Aneka Sawit, PT Globalindo Alam Perkasa dan PT Unggul Lestari yang sama-sama berada di bawah naungan Musim Mas Group. 
    
Kegiatan ini disambut antusias masyarakat karena minyak goreng dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding di pasaran karena Musim Mas Group memberikan subsidi kepada masyarakat untuk membantu meringankan beban. Masyarakat rela antre bahkan ada yang berdesakan agar bisa membeli minyak goreng murah tersebut, meski panitia sudah mengantisipasi itu dengan memberlakukan penjualan dengan sistem kupon agar tertib. 
    
"Saya bersyukur dan merasa senang bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga murah melalui operasi pasar PT Sukajadi Sawit Mekar. Jika beli di tempat lain harganya lebih mahal, belum lagi tambahan ongkos dan waktu jika beli ke luar desa. Selisih harga dari beli minyak goreng ini bisa buat keperluan lain, apalagi saat ini banyak keperluan untuk kebutuhan tahun ajaran baru sekolah anak dan  menjelang lebaran. Kami benar-benar terbantu. Terima kasih PT Sukajadi Sawit Mekar, semoga tambah jaya dan tahun depan ada operasi pasar murah lagi," kata Ida, warga Desa Sebabi Kecamatan Telawang saat operasi pasar, Senin. 
      
Pasar murah digelar secara maraton di 17 desa yakni Sebabi, Kenyala, Tanah Putih, Tangar, Hanjalipan, Baampah, Penyang, Natai Baru, Bagendang Tengah, Bukit Indah, Tumbang Sepayang, Tribuana, Tumbang Boloi, Batu Agung, Tumbang Kalang, Tumbang Manya dan Sungai Hanya. 
    
Desa-desa itu lokasinya dekat dengan areal empat perusahaan milik Musim Mas Group yakni PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Maju Aneka Sawit yang berlokasi di Kecamatan Telawang, PT Globalindo Alam Perkasa di Kecamatan Mentaya Hilir Utara dan PT Unggul Lestari di Kecamatan Telaga Antang dan Antang Kalang. 
    
Pasar murah perdana itu dihadiri Camat Telawang, Agus Tripurna Tangkasiang, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, HM Tahir serta aparatur desa dan tokoh masyarakat setempat. Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini karena manfaatnya sangat membantu dan berdampak langsung kepada masyarakat. 
    
"Mudah–mudahan pasar murah yang dilaksanakan Musim Mas Group ini juga dapat berdampak menekan inflasi, khususnya kaitannya dengan harga minyak goreng di pasaran. Partisipasi seperti ini yang diharapkan pemerintah daerah terhadap sektor swasta supaya turut membantu masyarakat, setidaknya yang berada dekat dengan lokasi perusahaan. Mudah-mudahan pasar murah ini juga menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk menggelar acara serupa," kata Tahir. 
     
Hal senada diungkapkan Camat Telawang, Agus Tripurna Tangkasiang. Dia sangat berterima kasih karena operasi pasar yang digelar Musim Mas Group sangat membantu masyarakatnya memenuhi kebutuhan pokok. Selama ini Musim Mas Group sudah banyak membantu masyarakat dan pembangunan desa dalam berbagai bidang, termasuk yang gencar dilakukan yakni pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan melalui program Masyarakat Bebas Api. 
    
Sementara itu, General Manager Humas PT Sukajadi Sawit Mekar, Rusli Salim mengatakan, pasar murah ini merupakan upaya perusahaan membantu mengurangi beban masyarakat. Musim Mas Group berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dengan harapan keberadaan perusahaan-perusahaan mereka turut memberi manfaat besar bagi masyarakat dan pembangunan daerah. 
    
"Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian dengan surat rekomendasi nomor 443/DPP/DAG/VI/2017 serta Muspika Telawang, Mentaya Hilir Utara, Telaga Antang dan Antang Kalang.  Produk yang ditawarkan adalah minyak goreng MM dengan kualitas terbaik yang bisa dibeli dengan harga Rp9.500 per liter. Harga ini di bawah harga pasar karena perusahaan memberikan subsidi dalam pendistribusiannya.  Ini juga sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada desa sekitar dalam bidang ekonomi agar warga masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan mudah dan murah sehingga menjadi tenang menghadapi lebaran Idul Fitri yang semakin dekat," kata Rusli. 
    
Pria yang akrab disapa Atong ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama jajaran pemerintah kecamatan, unsur muspika dan kepala desa yang telah mendukung operasi pasar murah tersebut. Musim Mas Group sangat senang bisa membantu meringankan beban masyarakat dan berupaya terus memberikan sumbangsih terhadap masyarakat dan daerah.