Produk Pangan Pasar Ramadhan Palangka Raya Aman Dikonsumsi

id palangka raya, produk pasar ramadhan aman, Produk Pangan Pasar Ramadhan Palangka Raya Aman, psar ramadhan

Produk Pangan Pasar Ramadhan Palangka Raya Aman Dikonsumsi

Pasar Ramadhan (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menyatakan berbagai produk pangan yang dijual di pasar Ramadhan setempat aman dan terbebas zat pewarna dan pemanis buatan yang melebihi ambang batas.

Kasi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Disperindag Kota Palangka Raya, Ani Trisharyanti, Rabu menyebutkan keadaan itu dibuktikan dengan hasil uji sampel yang dilakukan Disperindag kerjasama dengan BPOM terhadap sejumlah produk pangan yang dijual di pasar wadai Ramadhan.

"Berdasarkan hasil pengujian lab di BPOM di Palangka Raya, semua sampel yang diuji memenuhi syarat yang artinya produk dinyatakan negatif dari penggunaan bahan yang masuk kategori pengujian," ucapnya.

Diantara jenis produk makanan yang dijadikan sampel seperti bubur mutiara, kue lapis dan es buah dengan lokasi pengawasan dan uji sampel di lingkup Kelurahan Langkai, Palangka Raya.

Dia mengatakan, kegiatan uji sampel ini difokuskan pada kegiatan pengujian bahan yang mengandung larangan terhadap barang makanan yang mengandung zat pewarna dan pemanis buatan dengan memastikan penggunaan tak melebihi ambang batas aman.

Selain itu juga untuk meminimalkan peredaran bahan tambahan yang berbahaya bagi masyarakat sehingga masyarakat terhindar dari mengkonsumsi tambahan zat berbahaya.

"Melalui kegiatan ini kita juga ingin memastikan produk makanan yang dijual pedagang selama adanya pasar Ramadhan aman dikonsumsi dan tak berdampak pada kesehatan masyarakat selaku konsumen," kata wanita berkacamata ini.

Kami juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran pelaku usaha untuk memproduksi barang dagangan berupa makanan dan minuman yang bebas dari tambahan zat berbahaya.