Bupati Sudarsono Berharap DPRD Dukung Pembangunan Stadion Baru

id bupati seruyan, sudarsono, Bupati Sudarsono Berharap DPRD Dukung Pembangunan Stadion Baru

Bupati Sudarsono Berharap DPRD Dukung Pembangunan Stadion Baru

Bupati Seruyan Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan Sudarsono mengharapkan DPRD setempat mendukung rencana pembangunan stadion baru guna menggantikan Stadion Sepak Bola Gagah Lurus Kuala Pembuang yang akan dibangun taman kota.

"Kita memang berharap rencana ini mendapat dukungan masyarakat, khususnya DPRD. Kalau memang perlu dan disetujui DPRD, pembangunan stadion ini bisa diakomodir pada anggaran perubahan sehingga tahun ini juga pembangunan sudah bisa dimulai," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Sudarsono yang juga Pembina Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Seruyan, Kalimantan Tengah itu, menjelaskan sesuai dengan rencana awal, pembangunan stadion baru rencananya dilakukan pada lahan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur. Pembangunan PLTU itu sudah tidak dilanjutkan lagi oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Pembangunan PLTU itu sudah tidak dilanjutkan lagi, di lahan tersebut hanya akan dibangun gardu induk untuk mengalirkan listrik dari Kabupaten Kotawaringin Timur, jadi tidak perlu banyak lahan," katanya.

Pihaknya juga sudah menghubungi Manager PT PLN Kalselteng untuk menyampaikan rencana pembangunan stadion tersebut, dan PLN menyatakan setuju menghibahkan sebagian tanah apabila Pemkab Seruyan benar-benar membutuhkannya.

"Total lahan itu 14 hektare, namun yang terpakai untuk pembangunan gardu induk mungkin tidak mencapai 10 hektare, jadi sebagian bisa dimanfaatkan untuk stadion," katanya.

Ia menambahkan apabila benar-benar direalisasikan, pembangunan stadion sepak bola itu akan dilakukan tidak jauh atau menghadap Sungai Seruyan sehingga dapat digabung sebagai pusat olahraga jenis lain, terutama jenis olahraga air.

"Tentunya di sekitar stadion juga dapat dibangun fasilitas-fasilitas lain untuk menunjang kegiatan berbagai olahraga," katanya.

Ketua DPRD Seruyan Ahmad Ruswandi mengaku mendukung rencana pembangunan stadion baru yang akan dilakukan Pemkab Seruyan.

Namun pembangunan itu harus sesuai prosedur penetapan anggaran pembangunan, antara lain melalui musyawarah atau pembahasan di DPRD.

"Di Seruyan ada 25 anggota DPRD. Jadi rencana itu harus melalui pembahasan dengan melibatkan 25 anggota tadi sampai akhirnya disetujui oleh DPRD," katanya.