Tingkatkan Pengawasan Arus Balik ke Kotim, Kata Legislator

id dprd kotim, arus balik ke kotim, pengawasan pelabuhan sampit

Tingkatkan Pengawasan Arus Balik ke Kotim, Kata Legislator

Ilustrasi - Sejumlah personel Brimob melakukan penjagaan dan pengamanan di pelabuhan Sampit, Kab. Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng. (FOTO ANTARA/Untung Setiawan)

Sampit (Antara Kalteng) - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhammad Shaleh meminta Pemkab meningkatkan pengawasan arus balik lebaran ke daerah setempat.

"Arus balik jalur darat, udara maupun laut harus ditingkatkan pengawasannya untuk mengantisipasi masuknya pelaku tindak kriminal, penyelundupan barang terlarang, hingga masuknya pelaku teror," katanya di Sampit, Senin.

Shaleh mengungkapkan, pengamanan dan pengawasan arus mudik balik juga untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Aparat keamanan diharapkan lebih sigap dan tegas terhadap setiap pendatang baru yang gerak-geriknya mencurigakan.

Menurut Shaleh, jika perlu setiap barang bawaan penumpang yang baru datang baik itu di terminal, bandara maupun pelabuhan laut dilakukan pemeriksaan.

Pelaku tindak kejahatan, penyelundupan, bahkan teroris bisa saja masuk ke Kotawaringin Timur dengan memanfaatkan momentum arus mudik balik Lebaran, untuk itu perlu adanya antisipasi sejak dini untuk mencegah hal itu terjadi," katanya.

Shaleh juga berharap peran RT/RW untuk waspada dan selalu memperhatikan kedatangan warga baru di lingkungannya. Dan melaporkan ke aparat keamanan jika menemukan hal yang mencurigakan di lingkungannya.

Sebagai pendatang baru juga harus dan wajib melaporkan diri ke RT/RW, untuk memudahkan penanganan apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit, Toto Sukarno mengatakan, arus mudik balik melalui terminal penumpang Sampit, Kabupaten Kotawaringin timur diprediksi akan terjadi pada H + 3 Lebaran.

Prediksi arus mudik balik tersebut berdasarkan kedatangan kapal ke terminal penumpang Sampit. Dimana melihat dari tahun-tahun sebelumnya, penumpang akan mulai banyak, karena sebagian dari mereka tidak mendapat libur panjang dan ada juga yang ingin merasakan suasana liburan atau lebaran di Kotawaringin Timur.

"Kalau prediksi kami peningkatan arus balik sudah mulai terjadi pada H+3 tersebut, namun untuk jumlah penumpang yang datang belum bisa di prediksi," kata Toto.

Toto juga memprediksi arus mudik balik Lebaran 2017 kali ini diyakini akan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan banyak pemudik atau pekerja yang pulang dari kampung halamannya dengan membawa sanak keluarganya.