Menkumham Buka Perkemahan Remaja di Sulut

id perkemahan, kemah remaja, Menkumham Buka Perkemahan Remaja di Sulut, Yasonna Laoly

Menkumham Buka Perkemahan Remaja di Sulut

Menkumham Yasonna Laoly. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Jakarta (Antara Kalteng) - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dan gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri sekaligus dan membuka Perkemahan Kreatif Remaja Nasional ( PKR ) Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia ( PGI ) dan Sinode GMIM 2017 yang dihadiri ribuan remaja di Bumi Perkemahan Lengkoan Leilem Kabupaten Minahasa Senin 

Acara ini diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh pendeta Hendry Runtuwene S mengatakan bahwa remaja gereja harus berfungsi untuk mengarami remaja yang ada di daerah dan bangsa Indonesia, kata Humas Pemprov Sulut, Jemmy Kumendong Dalam keterangan tertulisnya diterima ANTARA Jakarta, Selasa.

Setelah Ibadah, Menteri Yasonna dalam sambutanya mengatakan, para remaja perlu meningkatkan lagi rasa nasionalisme dan kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia. 

"Nasionalisme berperan sebagai identitas negara serta tali pengikat antara jati diri bangsa dengan warga negaranya, bangsa. Dan nasionalisme berfokus pada nilai- nilai kebudayaan bangsa secara menonjol dan termasuk bahasa didalamnya, nasionalisme memiliki arti sebagai suatu perasaan mencintai bangsa dan negara dari seluruh aspek yang ada, semangat kabangsaan dan patriotisme dapat di tumbuhkan melalui peran keluarga," ujar Yasonna. 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang juga ketua panitia perkemahan , dalam sambutannya, mengatakan momentum perkemahan dan pertemuan remaja ini dapat juga di manfaatkan sebagai wahana penanaman wawasan kebangsaan, jiwa patriotisme, pembudayaan dan pengamalan nilai-nilai dari empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dondokambey mengemukakan pula, agar para remaja terus menjadi generasi yang takut akan Tuhan serta generasi cerdas yang jauh dari narkoba, miras, pornografi dan sekaligus senantiasa tampil sebagai generasi pemersatu bangsa, yang menyadari bahwa keberagaman bangsa ini adalah karunia Tuhan yang harus dijaga dan dilestarikan serta dimanfaatkan sebagai potensi pembangunan.

Turut hadir dalam acara Majelis Pekerja Harian PGI Ari Moningka, Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, Sekretaris BPMS GMIM Pdt DR Hendry Runtuwene , Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS, Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow Bupati Mitra James Sumendap SH, dan pejabat Eselon II dilingkup Pemprov Sulut.