Pelaku Penikaman Brimob Telah Teridentifikasi

id penikaman, brimob, pelaku

Pelaku Penikaman Brimob Telah Teridentifikasi

Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Tim Inafis Mabes Polri dikerahkan untuk mengidentifikasi pelaku penikaman dua Brimob di Masjid Falatehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Proses identifikasi, telah diambil sidik jari dan DNA, hal ini akan dicocokkan dengan anggota keluarganya," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu.

Dalam saku celana pelaku ditemukan KTP lama atas nama Mulyadi.

Namun setelah dilakukan pengecekan di alamat yang tertera, alamat tersebut adalah tempat tinggal kakak iparnya.

"Sedangkan foto yang tercantum tidak identik dengan wajah pelaku," katanya.

Untuk memastikan identitas pelaku, polisi melakukan identifikasi sidik jari dan DNA pelaku yang diakurasikan dengan keluarga pelaku.

Saat ini Polri telah meminta keterangan dari kakak dan kakak iparnya. "Mereka mengakui dan mengenal pelaku adalah Mulyadi," katanya.

Dari hasil penyidikan sementara, Mulyadi diketahui bekerja sebagai pedagang kosmetik di Pasar Roxy Bekasi.

Menurut dia, dua korban anggota Brimob dalam peristiwa tersebut merupakan tim Satgas Operasi Ramadniya 2017 yang ditempatkan di Mabes Polri dan menginap di Lapangan Bhayangkara menggunakan tenda sejak 19 Juni 2017.

Jumat (30/6) malam sekitar pukul 19.40 WIB beberapa anggota Brimob tersebut menunaikan sholat Isya berjamaah di Masjid Falatehan di Perum Peruri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Para polisi tersebut lebih memilih masjid tersebut karena hanya berjarak 100 meter dari Lapangan Bhayangkara.

"Mereka sholat isya berjamaah di masjid Falatehan, karena lebih dekat dari pada di Masjid Mabes Polri," ujar Kadivhumas Polri.

Usai shalat, dua anggota Brimob, AKP Dede Suharmi dan Briptu Syaiful Bahtiar diserang dengan sangkur dan jatuh.

AKP Dede, luka robek di pipi kanan 15 cm tembus bibir kanan. Sementara, Briptu Syaiful mengalami luka robek pipi kanan 10 cm tembus bibir kanan.

Penanganan pertama, korban dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) untuk mendapatkan perawatan intensif terkait luka bacok yang dideritanya.

"Saat ini kedua korban telah dipindahkan dari RSPP ke RS Polri Kramat Jati," katanya.

Lebih lanjut Kadivhumas menyampaikan bahwa setelah menyerang, pelaku sempat mengancam jamaah lainnya. Kemudian pelaku lari meninggalkan masjid menuju arah Terminal Blok M.

Anggota Brimob yang lain mengejar dan meminta pelaku untuk menyerah. Namun pelaku malah menyerang anggota. Akhirnya petugas melepaskan tembakan peringatan, karena tidak menyerah juga, pelaku ditembak petugas dan meninggal di tempat.

Terkait motif, kata Irjen Setyo, motifnya diduga hampir sama seperti pada peristiwa penyerangan pos jaga Mapolda Sumut. 

Saat ini Densus 88 masih melakukan pendalaman lebih lanjut.