Sugianto Sabran Minta OPD Kalteng Percepat Penyerapan Anggaran

id sugianto sabran, OPD Kalteng, OPD Kalteng Percepat Penyerapan Anggaran

Sugianto Sabran Minta OPD Kalteng Percepat Penyerapan Anggaran

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov agar mempercepat penyerapan anggaran dan realisasi pelaksaan program strategis.

"Penyerapan anggaran dan realisasi program penting untuk mendukung pencapaian visi misi menuju Kalteng bermartabat, elok religius, kuat, amanah dan harmonis," ucap Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis dibacakan Pj Sekda Kalteng Syahrin Daulay saat memimpil apel di halaman Kantor Gubernur Kalteng Palangka Raya, Senin.

Dikatakan, libur telah berakhir dan sudah saatnya seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov untuk fokus kembali pada tugas dan pekerjaan.

"Saya yakin libur panjang yang dilewati memberikan waktu untuk dapat berkumpul bersama keluarga sekaligus memberikan motivasi baru agar bekerja lebih produktif dan bersemangat. Mari bekerja lebih baik lagi," tambahnya.

ASN di lingkungan Pemprov Kalimantan Tengah diingatkan sesuai siklus anggaran dalam manajemen pembangunan daerah, saat ini telah memasuki awal triwulan III tahun 2017. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap capaian kinerja, realisasi APBD Kalteng per 30 Juni 2017 masih cukup rendah.

Dia mengatakan banyak yang perlu ditingkatkan agar realisasi tersebut sesuai target dengan meningkatkan ketelitian, fokus dan memperkuat pengawasan internal di setiap OPD. Untuk itu, diminta kepada seluruh pejabat struktural dan pelaksana memahami tugas yang harus diselesaikan.

"Saya minta hasil akhir capaian kinerja tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya ulangi, harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Lakukan percepatan realisasi anggaran dan pelaksanaan program kegiatan strategis," tegasnya.

ASN di lingkungan Pemprov Kalteng juga harus mampu membangun suasana kerja yang harmonis dan saling memahami terhadap tugas dan fungsi masing-masing. Pelihara juga suasana kondusif, kebersamaan, gotong royong dan solidiritas diantara ASN.

"Pemerintah telah memberikan penghasilan yang besar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan memberikan gaji ke-13 dan ke-14 sehingga harus diimbangi dengan peningkatan kinerja," demikian Gubernur melalui Pj Sekda Kalteng.