Ini 29 Peserta Lulus Administrasi Lelang Jabatan Barut

id pemkab barut, Jainal Abidin, lelang jabatan barut

Ini 29 Peserta Lulus Administrasi Lelang Jabatan Barut

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 29 peserta dinyatakan lulus verifikasi administrasi pada seleksi terbuka untuk mengisi lima jabatan tinggi pratama eselon II B di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"Dari 29 pejabat yang mendaftar, semuanya lulus verifikasi administrasi dan setiap jabatan telah memenuhi syarat minimal lebih dari empat orang yang mendaftar," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut) Jainal Abidin di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Jainal, lima jabatan yang dilelang itu, antara lain, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian, serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Saat ini, kata dia, lima jabatan tersebut status pejabatnya sebagai pelaksana tugas (Plt.).

"Rencananya pada Rabu (5/7) dan Kamis (6/7) seluruh peserta akan diuji makalah serta paparan visi dan misi," kata katanya.

Para penguji itu di antaranya berasal dari dua pejabat dari Pemkab Barito Utara ditambah Kepala Badan Kepegawaian Regional VIII Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dosen pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Kepala Bank BNI Muara Teweh.

"Peserta lelang jabatan ini semuanya berasal dari pejabat di daerah ini, tidak ada peserta dari luar kabupaten," kata Jainal yang juga Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Barito Utara ini.

Jainal mengatakan bahwa seleksi terbuka itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Di samping itu, surat rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1362/KASN/5/2017 tanggal 8 Mei 2017 terkait dengan rekomendasi pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama pemerintah Kabupaten Barito Utara.

"Jadi, para peserta lelang jabatan yang mendaftarkan diri ini telah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi terbuka dengan ketentuan yang telah diberlakukan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa peserta lelang jabatan yang lulus verifikasi administrasi untuk jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik ada tujuh orang, yakni Muhammad F.T. Saputra,S.Hut., M.P., Drs. Askari M.I.P., Melpadona, S.K.M., M.A.P., Drs. Dudi Bagus Prasetyo, M.S., Drs. Juni Rantetampang, Drs. Setiazid, M.S.i., dan H. Fakhri Fauzi, M.H.

Jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran ada empat orang, yaitu Drs Aprin Siaga, Alianor, S.P., M.P., Drs. Tursia Raya Teddy, M.I.P., dan Mohammad Taopik, M.I.P.

Berikutnya, jabatan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan ada lima orang, antara lain, Ir. Suprayetno, M.A.P., Syahmiludin A. Surapati, S.P., M.Si., H. Adi Hariadi, S.Pi., M.Si., H. Yaser Arapat, S.T., M.T., dan Dr. Ir. H. Rakhmat Muratni, M.P.

Untuk jabatan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian diikuti lima pendaftar meliputi M. Iman Taofik, S.I.P., M.Si., Sukarto, S.S.T.P., Drs. Andre Nathanael, M.A.P., Parinton Sibarani, S.E., dan Ester, S.E.

Jabatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ada delapan orang terdiri atas Drs. Samsul Bahri, Hj. Norwahidah, S.H., Ir. Edy Nugroho, M.Si., Ir. Husnul Khatimah Adhiyati, M.Si., Ir. Sugeng, M.P., H. Mastur, S.E., Ir. Waluyo, M.P., dan Hotni Ida Nababan, S.E.

"Nomor urut masing-masing peserta yang namanya tertera dipengumuman bukan nomor urut peringkat," katanya.