Para Peserta Lelang Jabatan Barut Ikuti Tes Makalah

id pemkab barut, lelang jabatan, tes makalah

Para Peserta Lelang Jabatan Barut Ikuti Tes Makalah

Salah satu peserta yang mengikuti seleksi terbuka untuk mengisi lima jabatan tinggi pratama eselon IIB di lingkungan Pemkab Barito Utara, di Kantor Bupati Barito Utara di Muara Teweh, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar seleksi uji makalah bagi 29 peserta yang lulus verifikasi administrasi lelang jabatan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama di lima satuan organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah setempat.

"Tes makalah serta visi dan misi ini dilakukan dua hari yakni hari ini Rabu pagi hingga malam nanti sampai pukul 22.00 WIB rencananya 14 peserta dan sisanya dilanjutkan besok Kamis (6/7)," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut), Jainal Abidin di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Jainal dalam pengujian itu yang menjadi penilaian adalah kualitas makalah, persentase dan tanya jawab atau diskusi tentang makalah yang ditulis oleh para peserta.

Setelah melalui tahap seleksi uji makalah, peserta nantinya akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni asesmen yang akan dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Negara di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Teknis pengumuman seleksi setelah penilaian asesmen, nantinya hasil seleksi penilaian hasil uji makalah dan asesmen akan dikombinasi untuk menentukan nilai tertinggi dari para peserta," kata Jainal yang juga Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Barito Utara itu.

Para peserta itu nanti bakal mengisi lima SOPD di antaranya yakni Staf Ahli Bupati Bidang hukum dan Politik, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian, dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Sedangkan panitia seleksi diketuai Sekda Barito Utara Jainal Abidin, kemudian Kepala Kantor Badan Kepegawaian Negara Regional VIII Banjarmasin Selamet, dosen Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Abdul Rahman dan Kepala Bank BNI Cabang Muara Teweh dan asisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda setempat Jufriansyah.

Seleksi untuk mengisi lima jabatan kepala di SOPD lingkup Pemkab Barito Utara itu terbuka untuk umum, artinya tidak hanya bagi ASN dari daerah Kabupaten Barito Utara saja tetapi juga ASN Kabupaten tetangga.

"Namun dari 29 ASN yang telah mendaftarakan diri dan mengikuti seleksi, semuanya merupakan ASN yang berasal dari Kabupaten Barito Utara," ujar Jainal.