Disdik Seruyan Terapkan Kuota Penerimaan Siswa Baru

id disdik seruyan, penerimaan siswa baru, Kuota Penerimaan Siswa Baru

Disdik Seruyan Terapkan Kuota Penerimaan Siswa Baru

Ilustrasi - Penerimaan Siswa Baru (ANTARA FOTO/Rahmad)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menerapkan sistem kuota pada penerimaan siswa baru di semua sekolah untuk tahun ajaran baru 2017/2018.

"Penerapan kuota siswa baru ini bertujuan memberikan pemerataan terhadap penerimaan peserta didik baru dari semua jenjang pendidikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Seruyan Masrohim di Kuala Pembuang, Kamis.

Masrohim yang juga Sekretaris Disdik Seruyan menjelaskan, penerapan sistem kuota ini agar penerimaan siswa baru dapat merata di semua sekolah, sehingga penerimaan siswa baru di setiap sekolah tidak mengalami kekurangan dan tidak berlebihan.

Kemudian, pada penerimaan siswa baru kali ini juga mengutamakan tempat tinggal siswa dengan lokasi sekolah.

"Jangan sampai yang jauh diterima dan yang dekat justru sebaliknya," katanya.

Menurutnya, sebelum diterapkan, penerapan sistem kuota baru ini sudah dibahas dan disetujui oleh sekolah-sekolah yang ada di "Bumi Gawi Hatantiring".

Adapun kuota penerimaan siswa baru menyesuaikan standar jumlah siswa per kelas yakni 20 orang, dan itu berlaku bagi semua sekolah yang dinaungi Disdik Kabupaten.

"Kita menaungi sekolah-sekolah sederajat mulai dari pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah pertama, sedangkan sekolah menengah atas menjadi kewenangan Disdik Provinsi," katanya.

Sementara, Kepala SMA Negeri I Kuala Pembuang Tuti Sundari mengatakan, berdasarkan edaran dari Disdik Kalteng ditetapkan penerimaan siswa baru berjumlah 13 rombongan belajar (rombel) atau 36 siswa per kelas.

"Kuota siswa baru dari Disdik Kalteng ditetapkan 13 rombel. Jika tidak mencapai jumlah tersebut, maka jumlahnya menyesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing," katanya.

Ia menambahkan, SMA Negeri I Kuala Pembuang hanya mampu memenuhi delapan rombel dari 13 rombel yang ditetapkan oleh pihak provinsi.

"Jadi tahun ini jumlah siswa baru di SMA Negeri I Kuala Pembuang berjumlah 268 orang yang terpilih melalui jalur prestasi maupun reguler," katanya.