Pemkab Barito Utara Sosialisasikan Budi Daya Ikan Air Tawar

id Pemkab Barut, Iwan Rusdani, Budi Daya Ikan Air Tawar

Pemkab Barito Utara Sosialisasikan Budi Daya Ikan Air Tawar

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara, Iwan Rusdani foto bersama peserta sosialisasi Temu Lapang Kegiatan Percontohan BudiDaya Air Tawar tahun 2017, di aula MTsN Muara Teweh, Kamis. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menyosialisasikan paket percontohan budi daya ikan air tawar yang akan dikembangkan untuk meningkatkan ketahanan pangan.

"Kegiatan ini untuk mendukung kelancaran pelaksanaan program dan kegiatan pembudi daya ikan air tawar baik secara teknis maupun administrasi sehingga dapat sesuai dengan yang diharapkan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara, Iwan Rusdani di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Iwan, anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) bidang kelautan dan perikanan tahun anggaran 2017, antara lain untuk pengadaan sarana dan prasarana pemberdadayaan usaha skala kecil masyarakat pesisir (nelayan, pembudi daya ikan).

Salah satu kegiatannya adalah pengadaaan paket percontohan budi daya ikan air tawar yang meliputi paket budi daya ikan lele di kolam terpal, dan paket budi daya ikan patin, nila dan mas di kolam.

"Sosialisasi ini untuk mendukung kelancaran pelaksanaan program dan kegiatan dimaksud baik secara teknis maupun administrasi, agar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya.

Iwan mengharapkan kegiatan ini memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dilaksanakan sehinga petani pembudi daya ikan dapat mengelola dan memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dengan sebaik mungkin dan bersungguh sungguh.

Diharapkan hasilnya nyata sesuai dengan tujuan pemerintah khususnya untuk meningkatkan usaha petani pembudidaya ikan serta meningkatkan produksi budidaya perikanan pada umumnya.

Kepada kelompok pembudi daya ikan (pokdakan) penerima paket bantuan diimbaunya untk lebih meningkatkan kegiatan budi daya sesuain dengan potensi daerah, serta dengan teknik yang baik dan tepat sehingga bisa memberikan contoh serta motivasi kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya.

"Kami juga mengharapkan terjalin kerja sama dan saling mendukung program antara Pemkab Barito Utara dan pokdakan guna bersama-sama meningkatkan usaha budi daya ikan untuk mendukung program pemerintah meningkatkan ketahanan pangan dan perikanan," kata dia.