128 Orang Ikuti Manasik Haji Barito Selatan

id pemkab barsel, Sufiani, Manasik Haji Barito Selatan

128 Orang Ikuti Manasik Haji Barito Selatan

Asisten III Setda Barsel, Rusman Effendi (Tengah) bersama kepala kantor kementrian agama Barsel, Sufiani (Kiri) pada kegiatan manasik haji di Buntok, Senin (10/7). (Foto Antara kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 128 orang calon haji di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengikuti bimbingan manasik haji.

Kepala Kementrian Agama Barito Selatan, Sufiani mengatakan, calon jamaah haji yang mengikuti manasik berasal dari enam kecamatan.

"Calon haji laki-laki berjumlah sebanyak 50 orang, dan perempuan sebanyak 78 orang," katanya saat menyampaikan laporan pembukaan bimbingan manasik haji, di Buntok, Senin.

Ia menjelaskan, untuk jumlah calon haji dari kecamatan Dusun Selatan 86 orang, Kecamatan Dusun Utara 1 orang, dan dari kecamatan Dusun Hilir sebanyak 14 orang.

"Sedangkan jumlah calon haji dari kecamatan Gunung Bintang Awai 7 orang dan dari Kecamatan Jenamas 11 orang, sehingga total keseluruhannya sebanyak 128 orang," katanya.

Manasik haji yang dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji meliputi pembinaan, serta perlindungan terhadap calon jamaah haji.

Sementara Asisten III Bidang Administrasi Umum, Rusman Effendi mengatakan, pelaksanaan manasik haji ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan syariat Islam.

Ia mengharapkan calon jamaah haji Barito Selatan agar dapat menyiapkan baik fisik maupun mental, serta pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji.

"Dengan demikian, calon jama`h haji dapat menunaikan ibadah haji sesuai ketentuan syariat Islam, dan bisa mengerjakan seluruh syarat, serta rukun haji dengan sempurna," kata Rusman Effendi.

Acara bimbingan manasik haji yang berlangsung di Aaula Masjid Agung Baiturrahman Buntok.