Bupati Sudarsono Mutasi 244 Pejabat Struktural

id Bupati barut, Sudarsono, Mutasi 244 Pejabat Struktural

Bupati Sudarsono Mutasi 244 Pejabat Struktural

Ratusan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah saat mengikuti pelantikan oleh Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Andrianoor)

...mengabdilah dengan ikhlas dan sepenuh hati, kalau penempatan belum sesuai, maka bersabarlah karena jabatan itu tidak selamanya nyaman, ada kalanya jabatan itu membuat kita susah tidur,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono memutasi dan melantik 244 pejabat eselon II, III, dan IV yang duduk di berbagai jabatan struktural pada pemerintahan setempat.

Bupati Seruyan Sudarsono usai pelantikan pejabat di Kuala Pembuang, Senin, mengatakan, pelantikan kali ini hendaknya jangan dipahami sebagai sebuah rutinitas atau formalitas dalam mengisi kekosongan jabatan.

"Pelantikan ini harus dipahami sebagai proses guna mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pelayanan publik menjadi lebih baik," katanya.

Ia menambahkan, mutasi dan promosi itu hendaknya dimaknai sebagai bagian dari reformasi birokrasi dalam upaya penguatan kelembagaan perangkat daerah, meningkatkan performa organisasi dan pengembangan karier aparatur sipil negara.

"Momen ini menjadi motivasi dalam menata dan menjalankan pemerintahan ke arah yang lebih baik," katanya.

Menurutnya, promosi dan rotasi jabatan di lingkungan pemerintahan adalah hal yang biasa. Promosi diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah. Sedangkan mutasi adalah upaya untuk memberikan tantangan dan suasana baru dalam menata sistem penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik guna tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Meski demikian, orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini mengingatkan, setelah dilantik, sejumlah pejabat yang sebelumnya telah mengikuti proses lelang jabatan kini memasuki babak baru yakni mengaktualisasikan program yang direncanakan.

Kemudian, pejabat eselon yang dipromosikan harus mampu menunjukkan kualitas, baik dari sisi disiplin, kinerja dan etika maupun tanggung jawab sebagai alumni seleksi terbuka.

Selaku kepala daerah, dirinya juga akan selalu memantau secara periodik kinerja dan loyalitas serta integritas para pejabat, karena itu diharapkan agar para pejabat selalu bekerja dengan kemauan yang kuat dalam penyelenggaraan tugas pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi, mengabdilah dengan ikhlas dan sepenuh hati, kalau penempatan belum sesuai, maka bersabarlah karena jabatan itu tidak selamanya nyaman, ada kalanya jabatan itu membuat kita susah tidur," katanya.