50 JCH Pulpis Diminta Persiapkan Fisik Sebelum ke Tanah Suci

id calon haji, JCH, pulang pisau, 50 jemaah calon haji Pulang Pisau, Plt Sekda, tanah suci mekah

50 JCH Pulpis Diminta Persiapkan Fisik Sebelum ke Tanah Suci

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Syaripudin dan Kepala Kamenag H Abdul Khalik bersama pasutri JCH tertua usai membuka manasik di Aula Kantor Bupati setempat. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Syaripudin meminta agar para jemaah calon haji (JCH) bisa mempersiapkan fisik sebelum berangkat menuju tanah suci dalam rangka menunaikan ibadah haji. 

"Selain dibutuhkan fisik dalam menjalankan ibadah haji, kekompakan sesama JCH juga menjadi dibutuhkan," kata Syaripudin ketika membuka pelaksanaa manasik haji di Aula Kantor Bupati, Senin.

Ia mengatakan, pemerintah setempat menyambut baik adanya penambahan kuota haji sehingga saat ini bisa memberangkatkan sebanyak 50 JCH dan satu pendamping ke tanah suci dari tahun sebelumnya sebanyak 34 orang. 

Manasik haji, kata dia, harus diikuti dengan sungguh-sungguh. Melalui manasik ini tentunya bisa menambah pengetahuan JCH terhadap tata cara beribadah sehingga sepulang nanti menjadi haji yang mabrur.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kamenag) setempat, H Abdul Khalik mengungkapkan bahwa manasik ini memberikan pengetahuan bagi JCH sekaligus praktek yang sama persis dengan yang dilakukan JCH nantinya di tanah suci.

Tahun ini, terang Khalik, sebanyak 50 orang JCH berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan dan tingkat pendidikan. 

JCH yang berangkat ini merupakan JCH yang sudah terdaftar dan telah menunggu sejak 8 tahun lalu. Usia termuda berusia 31 tahun dan JCH tertua berusia 69 tahun. Keberangkatan JCH asal Pulang Pisau akan dilepas pada 13 Agustus 2017 mendatang. 

Menurut Khalik, setiap tahun terjadi peningkatan jumlah pendaftar haji. Tercatat saat ini ada lebih 700 pendaftar yang masuk dalam daftar tunggu dan diharapkan jumlah kuota JCH setiap tahun bisa mengalami peningkatan.