183 Calon Haji Kotawaringin Timur Jalani Manasik

id Manasik Haji, calon haji, kotawaringin timur, 183 Calon Haji Kotawaringin Timur, Taufiq Mukri

183 Calon Haji Kotawaringin Timur Jalani Manasik

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri membuka manasik haji untuk 183 calon haji, Senin (10/7/17). Kegiatan ini berlangsung delapan hari di Islamic Center Sampit. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Sebanyak 183 calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mulai menjalani manasik haji selama delapan hari sebagai bekal menjalankan ibadah haji nanti.

"Selama manasik haji ini, kami harap para jemaah calon haji benar-benar menyimak karena ini sangat penting saat menjalankan rukun haji nanti. Jangan malu bertanya karena ini demi kesempurnaan ibadah," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri saat membuka manasik haji di Masjid Raya Wahyu Al Hadi Komplek Islamic Center di Sampit, Senin.

Jika sesuai prediksi, maka hari raya haji atau Idul Adha tahun ini bertepatan hari Jumat atau sering disebut sebagai Haji Akbar. Saat Haji Akbar, biasanya jumlah umat Islam yang berhaji lebih banyak dibanding biasanya.

Taufiq mengimbau calon haji menjaga kesehatan fisik dan mental agar bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar. Kondisi fisik harus fit karena cuaca di tanah suci berbeda dibanding di Kotawaringin Timur sehingga membutuhkan adaptasi daya tahan tubuh.

"Ikuti arahan pembimbing supaya tidak terjadi permasalahan. Kalau ada masalah, segera dikoordinasikan supaya dicarikan solusinya," kata Taufiq.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, H Samsudin mengatakan, 183 calon haji dibagi empat kelompok dengan satu narasumber manasik setiap kelompoknya. Manasik dilaksanakan di Islamic Center yang berada di belalang masjid Wahyu Al Hadi.

"Materinya di antaranya tentang tawaf, melontar jumrah, sa`i dan lainnya. Ini harus benar-benar dipahami karena bagian inti ibadah haji," kata Samsudin.

Jemaah calon haji asal Kotawaringin Timur terdiri 77 laki-laki dan 107 perempuan. Calon haji paling tua bernama Hasanah berusia 75 tahun, sedangkan yang paling muda bernama Nisa berusia 25 tahun.

Calon haji Kotawaringin Timur masuk kelompok terbang 11, bergabung dengan calon haji dari lima kabupaten lainnya. Rombongan dijadwalkan sudah masuk asrama haji Al Mabrur Palangka Raya pada 13 Agustus nanti. Selanjutnya rombongan diterbangkan melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, kemudian diterbangkan ke tanah suci.

Tahun ini biaya naik haji sebesar Rp37.884.000 per orang. Hingga saat ini daftar tunggu calon haji di Kotawaringin Timur sudah sebanyak 3.497 orang atau baru habis diberangkatkan selama 18 tahun.