Mantap! Warga Desa Sekitar Gardu Induk PLN bisa Nikmati Listrik

id Warga Desa, Gardu Induk PLN, Listrik

Mantap! Warga Desa Sekitar Gardu Induk PLN bisa Nikmati Listrik

Kepala Desa Mukut, Ahmad Sazid didampingi Manejer PT PLN (Persero) Rayon Muara Teweh, Permono Gunawan melakukan pengisian pulsa token sebagai tanda diresmikannya aliran listrik di Desa Mukut, Kecamatan Lahei Barat, Rabu (7/12/2017). (Foto Antara Kalt

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Desa di sekitar gardu induk dengan daya 150 kilovolt di Desa Mukut, Kecamatan Lahei Barat, nikmati listrik desa yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas blok Bangkanai Kecamatan Lahei.

Peresmian listrik desa itu dilakukan di lapangan bulutangkis atau depan rumah Kepala Desa Mukut yang ditandai pengisian pulsa tekon oleh Kepala Desa Ahmad Sazid didampingi Manejer PT PLN (Persero) Rayon Muara Teweh, Permono Gunawan, Rabu.

Kepala Desa Mukut Ahmad Sazid mengatakan, dengan adanya peresmian aliran listrik yang masuk ke desa ini, tentu sangat disambut warga. Sebab menyalanya lampu listrik di desa ini membuat anak-anak atau putra-putri desa ini bisa belajar pada malam hari.

"Untuk itu, kami dari Pemerintah Desa Mukut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara, pihak PT PLN (Persero) Rayon Muara Teweh, karena aliran listrik yang kami idam-idamkan selama ini sudah bisa menyala dan dinikmati oleh seluruh warga desa," katanya.

Dengan adanya peresmian aliran listrik yang masuk ke desa ini, tentu sangat disambut baik oleh seluruh masyarakat desa penuh rasa suka cita dan mudah-mudahan ini memberi manfaat dan terjadi peningkatan hidup bagi seluruh warga Desa Mukut yang berada di kawasan gardu induk terletak di kilometer 14 Jalan Negara Muara Teweh - Puruk Cahu.

Manejer PT PLN Muara Teweh Permono Gunawan mengatakan program listrik desa ini merupakan program pemerintah pusat. Dalam pemasangan tiang jaringan listrik ini tidak ada biaya atau anggaran untuk biaya ganti rugi lahan.

"Alhamdulillah berkat kerjasama yang terjalin baik dengan Pemerintahan Desa Mukut, maka program pengaliran listrik desa ini sejak Rabu 12 Juli 2017 secara resmi bisa dinikmati seluruh masyarakat desa secara penuh 1 kali 24 jam," kata Permono.

Untuk itu, katanya dirinya selaku pimpinan PT PLN Rayon Muara Teweh menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari pemerintah desa dalam upaya mensukseskan pemasangan tiang jaringan listrik desa dengan tidak menuntut biaya ganti rugi lahan.

"Program ini merupakan komitmen pemerintah sejak lama untuk PLN menerangi negeri sampai ke pelosok desa. Hanya saja kendala yang terjadi bagi PLN adalah masalah infrastruktur jalan dan jembatan yang belum memadai dalam rangka untuk mengakut material pemasangan tiang dan kabel listrik ke desa-desa," ujar Permono.