Nah! Polisi Bartim Tangkap Sopir PT BKI, Ini Alasannya

id Polisi Bartim Tangkap Sopir PT BKI, barito timur, PT Borneo Ketapang Indah, penggelapan transmisi Dump Truk

Nah! Polisi Bartim Tangkap Sopir PT BKI, Ini Alasannya

Mal (28) (kiri) saat diamankan pihak kepolisian Bartim bersama dua unit dump truk yang dijadikan sebagai barang bukti untuk proses hukum, Jumat (14/7/17). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Satreskrim Polres Barito Timur, Kalimantan Tengah berhasil menangkap seorang sopir sebagai pelaku penggelapan transmisi Dump Truk milik perusahaan PT Borneo Ketapang Indah (BKI).

Sopir tersebut berinisial Mal (28) yang tercatat sebagai warga Desa Bambulung, Kecamatan Pematang Karau. Ia diamankan anggota Satreskrim, Kamis (13/7/17) malam. 

"Yang digelapkan yakni 1 set alat transmisi ranmor roda 6 (Dump truk) Merk Mitsubhisi dengan nopol DA 9048 PI milik PT Borneo Ketapang Indah yang berdomisili di Desa Bambulung, Kecamatan Pematang Karau," ucap Kapolres Bartim AKBP Raden Petit Wijaya SIK melalui Kasat Reskrim AKP Andhi Kurniawan SIK didampingi penyidik Polsek Pematang Karau.  

Menurut Andhi, karena ada kejanggalan pada Dumb Truk maka dilakukan pengecekan di workshop oleh kepala mekanik, Mukardi. 

Setelah dicek, Mukardi menemukan kejanggalan pada transmisi dump truck. Diduga kuat dilakukan penggantiannya tanpa prosedur perusahaan. 

Hal ini dilaporkan ke tingkat manajemen dan dilakukan investigasi internal perusahaan. Sopir dump truk tersebut dipanggil. 

Sang supir mengakui dengan sengaja telah menjual tranmisi tersebut dengan harga Rp6 juta dan mempergunakannya untuk keperluan pribadinya tanpa seijin dari perusahaan tempatnya bekerja. 

"Atas kejadian tersebut, pihak perusahaan melaporkan ke kepolisian. Hasilnya, pelaku kita amankan dan akhirnya mengakui perbuatannya. Barang bukti yang diamankan satu unit dump truck bernopol DA 9729 AA beserta STNK dan kunci kontaknya," tegas Andhi. 

Mal yang merugikan perusahaan sekitar Rp10 juta dikenakan pasal 374 KUH Pidana tentang penggelapan.