Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Seruyan Berlanjut

id kapal tenggelam, pencarian, Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Seruyan Berlanjut

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Seruyan Berlanjut

Ilustrasi - Tenggelam. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu'min Wijaya mengatakan pencarian dua orang korban kapal tenggelam di wilayah perairan laut Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah pada Sabtu (15/7), masih terus berlanjut.

"Pencarian korban oleh tim gabungan masih terus berlanjut," kata Nandang di Kuala Pembuang (Ibu Kota Kabupaten Seruyan), Senin.

Ia menjelaskan tim gabungan yang terdiri dari Polair Polres Seruyan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI AL, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang, Badan SAR Nasional (Basarnas) Sampit akan memfokuskan pencarian di sekitar delapan mil laut dari arah muara Sungai Seruyan.

Berdasarkan keterangan nakhoda kapal Hairudin yang berhasil selamat, dua orang anak buah kapal itu kemungkinan masih berada tidak jauh dari lokasi tenggelamnya kapal atau sekitar delapan mil laut dari muara Sungai Seruyan.

"Nakhoda kapal ini ketika berusaha menyelamatkan diri meninggalkan dua rekannya tidak jauh dari lokasi kapal tenggelam," katanya.

Ia menambahkan selain menggunakan kapal Basarnas dan kapal Polair Polres Seruyan, pencarian dua orang korban, masing-masing Hasan Basri dan Arpah akan terus dilakukan dengan melibatkan sejumlah kapal lain milik warga Kuala Pembuang.

"Pencarian berlanjut sampai batas waktu yang belum ditentukan, dan pencarian ini akan terus dikoordinasikan dengan pihak Basarnas," katanya.

Sementara nakhoda kapal Hairudin setelah berhasil dievakuasi Senin (17/7), menceritakan, Kapal Motor (KM) Karya Bersama yang mereka gunakan untuk mengangkut bahan kebutuhan pokok dan material bangunan bertolak dari Sedayu, Jawa Timur pada Senin (10/7).

Setelah beberapa hari berlayar dan masuk di wilayah delapan mil laut Seruyan pada Sabtu (15/7) pagi, tiba-tiba kebocoran besar terjadi di bagian belakang kapal.

Usai kapal tenggelam, dirinya beserta tiga orang awak kapal, yakni Syahrul Gunawan, Arpah dan Hasan Basri berhasil selamat menggunakan pelampung.

"Namun, Arpah dan Hasan Basri kelelahan serta tidak mampu lagi berenang sehingga memutuskan tetap tinggal tidak jauh dari lokasi kapal tenggelam. Akhirnya saya dan Syahrul Gunawan terus berenang sejauh 32 mil sampai tiba di kapal cumi," katanya.