Perangkat Desa di Barsel Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Pemerintahan

id Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, Perangkat Desa di Barsel Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Pemerintahan

Perangkat Desa di Barsel Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Pemerintahan

pelatihan awal masa tugas perangkat desa, di Buntok (17/7). (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sejumlah perangkat desa di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengikuti pelatihan penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk penguatan kelembagaan perangkat desa," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan Edi Kristianto saat menyampaikan laporan kegiatan pelatihan itu, di Buntok, Senin (17/7).

Dia menjelaskan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas kepala desa, dan memperkuat pemahaman mereka tentang wewenang serta kebijakan desa.

Sasaran dari pelatihan pada awal masa tugas perangkat desa, ujarnya, untuk meningkatkan kualitas administrasi penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan peraturan perundangan tentang desa," ucap Edi Kristianto.

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri pada saat membuka kegiatan tersebut menyambut baik dilaksanakannya pelatihan itu.

"Karena kedudukan perangkat desa sangat strategis sebagai unsur yang membantu kepala desa dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan desa," ujarnya.

Ia menjelaskan perangkat desa dituntut agar lebih kreatif dan inovatif, serta memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih maju.

"Hal tersebut agar mereka betul-betul mampu mendukung pelaksanaan tugas kepala desa," katanya.

Pelatihan awal masa tugas perangkat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa tersebut, diikuti 16 orang berasal dari enam kecamatan di wilayah setempat.