Pemkab Seruyan Gelar Festival "Gawi Hatantiring"

id Pemkab Seruyan, Festival Gawi Hatantiring, Pemkab Seruyan Gelar Festival Gawi Hatantiring

Pemkab Seruyan Gelar Festival "Gawi Hatantiring"

Ilustrasi, Logo Seruyan (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan menggelar Festival Seni Budaya "Gawi Hatantiring" untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-15 kabupaten tersebut pada Agustus 2017.

"Selain itu, Festival Gawi Hatantiring digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Kepala Bidang Sarana Seni Budaya dan Kesejarahan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Seruyan Lailatur Rosyidah di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia mengatakan, Festival Seni Budaya Gawi Hatantiring yang ketiga kalinya ini akan diikuti oleh perwakilan sepuluh kecamatan serta sekolah-sekolah yang ada di Seruyan.

"Sesuai dengan jadwal, Festival Seni Budaya Gawi Hatantiring akan dilaksanakan mulai 2 Agustus mendatang," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa perlombaan kesenian tradisional yang diadakan dalam festival seperti karungut, manyumpit, balogo, bagasing, manetek kayu, lawang sekepeng, tari pesisir dan tari pedalaman, vokal solo lagu daerah.

"Kemudian, ada juga pemilihan putra putri pariwisata," katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan festival tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau biasanya pelaksanaan festival dipusatkan di Ibu Kota Seruyan, yakni Kuala Pembuang. Maka kali ini festival akan dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu Kuala Pembuang dan Kecamatan Danau Sembuluh.

"Ini juga untuk mempromosikan Danau Sembuluh sebagai salah satu destinasi wisata di Seruyan," katanya.

Pelaksanaan festival di Kuala Pembuang akan dimulai 2-12 Agustus khusus untuk lomba seni, seperti tari, karungut, dan vokal, sedang di Kecamatan Danau Sembuluh pelaksanaan festival akan dimulai 20-21 Agustus untuk lomba budaya seperti manyumpit, balogo dan bagasing.

"Untuk persiapan festival masih terus kita lakukan, mudah-mudahan festival itu nanti terlaksana dengan sukses dan lancar," katanya.