Wow! Istri Tentara Turun Bantu Korban Banjir Katingan

id Istri Tentara, Korban Banjir Katingan, Istri Tentara Turun Bantu Korban Banjir Katingan

Wow! Istri Tentara Turun Bantu Korban Banjir Katingan

Angota Persit KCK XLI Kodim 1015 Sampit membawa bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Katingan, Selasa (18/7/2017). (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Puluhan istri tentara yang tergabung dalam Persit Kartika Chanda Kirana Cabang XLI Kodim 1015 Sampit, turun ke lokasi banjir di Kabupaten Katingan, Kalteng, membawa bantuan untuk masyarakat setempat.

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Persit KCK Kodim 1015 Sampit untuk membantu meringankan beban warga yang terkena dampak bencana banjir," kata Ketua Persit Kartika Chanda Kirana Cabang XLI Kodim 1015 Sampit, Lily Putra Yasa di lokasi banjir, Selasa.

Para istri tentara itu bertolak dari Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur menempuh perjalanan lebih dari dua jam menuju lokasi banjir di Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan Kabupaten Katingan. Banjir ini merupakan banjir kiriman dari Kecamatan Katingan Tengah dan Sanaman Mentikai yang lebih dulu dilanda banjir namun sudah surut.

Bantuan yang dibawa persatuan istri tentara itu berupa beras, mi instan, pakaian layak pakai dan kebutuhan lainnya. Sehari sebelumnya, Kodim 1015 Sampit dipimpin Komandan Kodim Letkol Inf I Gede Putra Yasa juga menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Katingan Tengah dan Sanaman Mentikai.

"Kami berupaya semampunya membantu penanggulangan bencana alam yang saat ini dilaksanakan pemerintah daerah bersama Kodim 1015 Sampit serta unsur-unsur forum koordinasi pimpinan daerah lainnya seperti Polres dan BPBD," tambah Lily.

Berdasarkan data tim gabungan, banjir merendam 385 rumah di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing dan 480 rumah di Kecamatan Pulau Malan. Ketinggian air berkisar 20 hingga 60 cm.

Banjir di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing meliputi Kelurahan Pendahara, Desa Tumbang Terusan, Tewang Rangkang, Tewang Menyangen, Terusan Danum, Hampalam, Tewang Rangas dan Tewang Beringin.

Sementara itu banjir di Kecamatan Pulau Malan terjadi di Desa Buntut Bali, Timbang Derayu, Tewang Pepari, Kuluk Bali, Maduing Taheta, Manduing Lama, Tumbang Lawang, Dahian Tunggal,Tewang Karangan, Tumbang Tanjung, Tumbang Tungku dan Tura.

Pelaksana Tugas Bupati Sakarias bersama Ketua DPRD Ignatius L Mantir, Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol I Gede Putra Yasa dan Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha, meninjau lokasi banjir menggunakan speedboat menyisir bantaran sungai. Masyarakat berharap hujan tidak terjadi sehingga banjir segera surut.

Posko sudah dibangun di beberapa lokasi di tiap kecamatan. Masyarakat diminta tetap waspada dan diminta segera mengungsi jika banjir tinggi kembali terjadi.