Kodim Sampit Bantu Pengobatan Korban Banjir Katingan

id kodim sampit, banjir katingan

Kodim Sampit Bantu Pengobatan Korban Banjir Katingan

Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Inf I Gede Putra Yasa sedang berbincang dengan para aparat setempat saat meninjau lokasi banjir di Kabupaten Katingan. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1015 Sampit memberikan pelayanan kesehatan bagi warga korban bencana banjir di Kabupaten Katingan yang menderita sakit.

"Selain itu juga membantu masyarakat dalam mengevakuasi warga maupun materiil ke posko yang telah disiapkan," kata Dandim 1015/Spt Letkol Inf I Gede Putra Yasa melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Selasa.

Ia menambahkan Kodim 1015/Spt juga memberikan bantuan berupa 50 dus mie instan 50 dus, 20 karung beras, empat koli pakaian bekas layak pakai dan kebutuhan sembako lainnya sebanyak 30 dus.

Ia mengatakan, dalam penanganan banjir di wilayah Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah pihaknya menerjunkan 25 prajurit yang kemudian bergabung dengan pihak kepolisian dan pemerintah daerah.

Dalam upaya penyelamatan dan rehabilitasi korban, tim terpadu juga telah membuat posko di setiap kecamatan.

Pada musibah tersebut sejumlah rumah penduduk terendam antara 20-60 cm dengan jumlah rumah terendam masing-masing 385 untuk Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan 480 rumah di Kecamatan Pulau Malan.

Dalam upaya penanganan, Dandim 1015/Spt, Kapolres Katingan beserta Muspika Kecamatan Tewang Sangalang Garing serta perwakilan Persit KCK cabang XLI Kodim 1015/ Spt melakukan pengecekan posko dan pemberian bantuan kepada warga yang mengalami dampak bencana banjir.

Sementara itu, Bupati dan Ketua DPRD melalui jalur air, menggunakan Speed boat melaksanakan pengecekan lokasi banjir di kawasan bantaran Sungai.

Masyarakat juga diimbau apabila debit air meningkat segera mengungsi ke Posko yang telah disiapkan maupun ke rumah warga lain yang rumahnya tak terdampak banjir.