Bupati Seruyan Dorong SPDN Jadi Sentra Kelautan

id spdn seruyan, bupati seruyan

Bupati Seruyan Dorong SPDN Jadi Sentra Kelautan

SPDN yang berada di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Desa Sungai Undang, Kabupaten Seruyan. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono mendorong "Solar Packed Dealer Nelayan" di Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir dimaksimalkan menjadi sentra kelautan untuk meningkatkan meningkatkan ekonomi nelayan di wilayah tersebut.

"Setelah beroperasi dengan baik, selain untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak, keberadaan SPDN itu hendaknya dapat terus dimaksimalkan menjadi sentra kelautan," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Disebutkan, salah satu potensi yang dapat dikembangkan di lokasi SPDN yang berada di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Desa Sungai Undang adalah sebagai tempat penjual peralatan pancing dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kelautan atau perikanan.

"Karena itu, Koperasi Serba Usaha (KSU) Gabungan Kelompok Tani Nelayan Seruyan (Gapoktanas) selaku pengelola SPDN bersama instansi terkait dapat memikirkan untuk mewujudkannya," katanya.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini menjelaskan, memaksimalkan keberadaan SPDN sangat penting untuk mendorong terwujudnya kemandirian dan perekonomian yang baik bagi nelayan.

"Kita berharap adanya SPDN akan memotong ketergantungan para nelayan terhadap pihak lain dalam melakukan aktivitas melaut, sehingga akan mendorong para nelayan punya kemampuan atau kemandirian, dan lebih baik lagi tingkat kesejahteraannya," katanya.

Menurutnya, selama ini nelayan di pesisir Seruyan masih bergantung dengan banyak pihak dalam melakukan aktivitas melaut. Misalnya dalam hal permodalan akibatnya nelayan berada dalam posisi lemah dalam menetapkan harga jual ikan, terutama kepada pengepul.

"Dengan menghilangkan ketergantungan itu maka ada lagi pihak lain yang bisa memaksa dalam menetapkan harga ikan hasil tangkapan nelayan," katanya.